Pagi ini Padang Dijejali Banjir

Penulis: Yose Hendra
Warga melewati banjir di kawasan Pondok, Minggu (21/02017). (Foto: Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur kota Padang sejak sore hingga malam, Sabtu (20/05/2017) menyebabkan sejumlah kawasan tergenang banjir.

Air setinggi 60 – 70 sentimeter menggenangi pasar Tanah Kongsi dan kampung Pondok, akibatnya aktivitas warga menjadi terganggu.

Lili, warga kampung Pondok menyatakan banjir kerap kali terjadi setiap hujan dengan lebat melanda.

“Kalo hujan lebat pasti banjir. Itu karena kecilnya saluran air dan sampah yang menumpuk,” katanya kepada Padangkita, Minggu (21/05/2017).

Meski demikian warga tidak ada yang dikabarkan mengungsi. Namun mereka tetap waspada terhadap segala kemungkinan akibat hujan lebat tersebut.

Dia meminta pemerintah Kota Padang memperhatikan hal ini agar genangan banjir ini bisa teratasi dan tidak terus terjadi.

Selain di kawasan kampung Pondok, banjir juga terjadi di komplek Permata Surau Gadang, Nanggalo, kawasan Rawang, Padang Selatan dan Bungus Teluk Kabung.

Banjir di perumahan Permata Surau Gadang, selalu dipicu oleh selokan atau drainase yang melimpah. Selokan tersebut merupakan jaringan irigasi yang mengular dari kawasan Gunung Nago, Pauh.

Bila hujan lebat, maka aliran irigasi yang membelintang di tengah komplek tersebut dipenuhi sampah. Alhasil, selokan tersumbat, air melimpah ke jalanan bahkan masuk hingga ke rumah.

Salah seorang warga setempat, Fitra Mulia mengatakan, banjir akan selalu menggenangi komplek Permata Surau Gadang tiap hujan lebat bila tidak segera ditangani.

Menurutnya, upaya penanganan bisa dilakukan dengan memperlebar banda (selokan) dari balai pemuda (pangkal jalur irigasi melintasi komplek) hingga ke komplek tetangga yakni Indah Pratama.

“Perkiraan panjang banda sekitar 5 petak sawah atau 150 meter,” ujarnya.

Sementara warga lain, Sonialis Bendang berharap tim teknis pengairan PU Padang harus turun ke lokasi-lokasi komplek perumahan yang dulunya merupakan areal persawahan.

“Untuk membenahi siatem drainase perumahan dan pengairan air sawah,” tukasnya.

Banjir tadi malam juga merendam sejumlah ruas jalan seperti jalan Imam Bonjol dan Jalan Niaga. ketinggian genangan banjir bervariasi dari 30 – 70 sentimeter. (Aidil Sikumbang)

Terpopuler

Add New Playlist