Operasi Keselamatan Singgalang 2023, Polres Pasaman Barat Tindak Knalpot Brong dan Balap Liar

Penulis: Redaksi

Simpang Empat, Padangkita.com – Personel gabungan Polres Pasaman Barat menggelar Operasi Keselamatan Singgalang 2023 dengan sasaran pelanggaran lalu lintas pada Sabtu (11/2/2023) malam.

Kapolres Pasaman Pasaman Barat AKBP Agung Basuki mengatakan hal tersebut sebagai upaya tindak lanjut banyaknya keluhan masyarakat terkait penggunaan knalpot racing atau brong yang menggangu dan meresahkan.

“Ini dalam rangka Ops Keselamatan Singgalang 2023 serta menindaklanjuti keluhan masyarakat pada saat Jumat Curhat terkait maraknya penggunaan knalpot brong yang menganggu kenyamanan dan ketentraman masyarakat.” ujarnya Minggu (12/2/2023).

Sementara itu, Kabag Ops Kompol Antonius Dakhi, yang memimpin kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya melaksanakan razia stationer di depan Mako Polres Pasaman Barat dan melaksanakan patroli dengan memakai kendaraan R4 dan R2.

“Tujuan giat ini juga sebagai antisipasi balap liar guna menciptakan kamseltibcarlantas yang kondusif serta memberikan perlindungan, pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat,” ungkapnya.

Senada dengan Kabag Ops, Kasat Lantas AKP Yuliadi, mengatakan, kegiatan ini juga mendisiplinkan masyarakat agar senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas dan tidak menggunakan knalpot brong, karena menggangu kenyamanan masyarakat.

“Kegiatan kita mulai dari pukul 21.00 WIB dan melakukan penindakan terhadap kendaraan roda empat sebanyak 6 unit, kendaraan roda dua sebanyak 16 unit yang menggunakan knalapot brong.” paparnya.

Kasat Lantas menambahkan, selain melakukan penindakan terhadap pelanggar yang menggunakan knalpot brong, pihaknya juga melakukan patroli ke beberapa ruas jalan yang kerap dijadikan aksi balap liar seperti Jalur 32, Simpang GOR hingga ke Simpang Pertanian Padang Tujuh.

“Kegiatan rutin yang ditingkatkan itu juga sekaligus bersamaan Operasi Keselamatan Singgalang 2023 dengan sasaran penindakan knalpot brong serta antisipasi balap liar,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya memberikan tindakan persuasif terhadap pengguna knalpot brong yang terjaring razia dan melakukan imbauan kepada pengendara lainnya untuk tertib berlalu lintas.

Baca JugaRazia Gabungan di Pasbar Libatkan Pengadilan, Puluhan Pengendara Sidang di Tempat

“Upaya persuasif dilakukan dengan harapan masyarakat dapat teredukasi dan bersedia untuk mengganti knalpot sesuai standar dan menerapkan budaya tertib berlalu lintas, dan saya harap dengan penertiban ini bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas,” tutupnya. [*/hdp]

Terpopuler

Add New Playlist