Nyaris Masuk Zona Merah, Satgas Covid-19 Pasbar Imbau Masyarakat Perketat Prokes Covid-19

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Simpang Empat, Padangkita.com – Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) nyaris masuk zona merah, dengan skor 1,94 dan merupakan satu-satunya daerah di Sumbar dengan skor di bawah 2.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Pasbar, Gina Alecia menyebutkan, bahwa saat ini Pasbar berada di zona oranye, dengan total kasus aktif saat ini sebanyak 179 orang.

Menurut Gina, hingga saat ini total kasus positif Covid-19 di Pasbar telah mencapai 1.123 orang, sebanyak 878 di antaranya sudah sembuh.

Lalu, sebanyak 66 pasien positif Covid-19 meninggal dunia.

“Pasbar saat ini berada di zona oranye, sebanyak enam orang penambahan kasus positif Covid-19 hari ini dan tiga pasien sembuh,” ujar Gina, Minggu (20/6/2021).

Kemudian, kata Gina, Satgas Covid-19 Pasbar saat ini terus melakukan tracing dan tracking terhadap masyarakat yang diduga ada kontak dengan pasien positif sebagai langkah antisipasi lonjakan kasus positif.

“Kita mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku, sehingga mata rantai penyebaran Covid-19 ini bisa diputus,” paparnya.

Akhir-akhir ini. jelas Gina, kasus positif di Pasbar terus meningkat seiring lengahnya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk itu kami tidak bosan-bosannya mengajak masyarakat untuk selalu memakai masker dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Kalau bukan kita yang akan menjaga diri kita, siapa lagi,” ucap Gina.

Terpisah, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Hendra Putra mengatakan, bahwa Pasbar berada di zona oranye, namun telah mendekati zona merah.

Baca juga: Bupati Hamsuardi Beberkan Cara Penanganan Covid-19 di Pasaman Barat Kepada Para Kepala Daerah se-Sumbar

Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tersebut. [zfk]

Terpopuler