Nilai Proyek Mangkrak Sumbar Capai Ratusan Miliar, Hidayat Minta Gubernur Copot Sejumlah Kepala Dinas 

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Anggota DPRD Sumbar, Hidayat mendesak agar Gubernur Sumbar, Mahyeldi mencopot Kepala Dinas. Desakan ini ditengarai karena adanya puluhan proyek Pemprov pada tahun 2021 yang mangkrak atau terbengkalai, bahkan hingga 100 persen. 

“Proyek mangkrak ini mencapai ratusan miliar. Ini berpotensi memperlambat kemajuan daerah,” tegas Hidayat kepada Padangkita.com, Selasa (11/1/2022)

Ketua Fraksi Gerindra ini mengaku mendapat bocoran tersebut setelah mendengarkan penjelasan Sekretaris Daerah dan Kepala Bappeda Sumbar, Hansastri, terkait pembahasan realisasi anggaran dan realisasi fisik APBD Sumbar Tahun 2021. 

Penjelasan tersebut disampaikan saat rapat evaluasi yang dipimpin Ketua DPRD Sumbar, Supardi bersama Tim Anggaran Pemerintahan Daerah (TAPD) dan para Kepala Dinas beserta sejumlah pejabat eselon, Senin (10/1/2022). 

Dijelaskannya, terdapat puluhan paket pekerjaan yang tersebar pada 8 OPD yang tidak terlaksana 100% sesuai perencanaan semula. Diantaranya, paket pengadaan bantuan peralatan dan mesin jahit di Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan nilai kontrak Rp1,4 miliar lebih, tidak terealisasi karena barang yang datang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis dokumen kontrak sehingga kontrak gagal.

Baca Juga : Proyek Mangkrak Pemprov Sumbar : DPRD Bahas Kemungkinan Pakai Hak Angket

Kemudian, paket pembangunan Gedung Kebudayaan Sumatera Barat di Dinas Kebudayaan dengan nilai kontrak Rp31 miliar lebih, namun fisiknya hanya terealisasi 10,63% dan realisasi keuangannya hanya Rp8,6 miliar lebih. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist