Nilai Mutu Sekolah, 22 Proktor Pasbar Ikut Bimtek ANBK

Penulis: Isran Bastian

Simpang Empat, Padangkita.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pasaman Barat (Pasbar) laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada proktor/teknisi Asesmen Nasional, di Hotel Gucci Simpang Empat, Selasa (12/7/2022).

Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Barat, Bimtek ini dalam rangka persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022.

Kegiatan diikuti 22 orang proktor se Pasbar ini dibuka langsung oleh Kepala Disdikbud Pasbar, Agusli didampingi Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar, Sofyandri Piliang.

Agusli menjelaskan, ANBK ini merupakan penilaian terhadap mutu sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Pada kegiatan asesmen ini yang dinilai adalah mutu berdasarkan hasil belajar siswa dan beberapa aspek lainnya seperti literasi, numerasi dan karakter.

Asesmen adalah penilaian mutu sekolah yang dilakukan secara online atau semi online dengan menggunakan akses Internet. ANBK ini berbeda dengan ujian nasional yang dilaksanakan pada beberapa tahun yang lalu. Perbedaan tersebut seperti pada unsur yang dinilai, ujian nasional cenderung fokus menilai unsur kognitif siswa,

“Sementara ANBK menilai unsur kognitif dan nonkognitif dan survei lingkungan belajar,” jelas Agusli kepada Padangkita.com.

Disampaikan, bahwa hasil Asesmen Nasional yang berupa informasi dapat digunakan untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu, karenanya hasil ANBK sangat bermanfaat untuk perencanaan pendidikan.

Oleh karena itu kata Agusli, kedepan diharapkan validitas hasil ANBK pada setiap sekolah. Namun, kesuksesan pelaksanaan ANBK ini dipengaruhi oleh operator atau proktor pada setiap sekolah.

“Kegiatan bimtek ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 11-12 Juli 2022 terhadap 22 orang operator sekolah yang diutus oleh 11 kecamatan se Pasbar dan narasumber dari tim teknis ANBK Dinas Pendidikan Provinsi,” sebut Agusli.

Ditambahkan Kabid Sekolah Dasar, Sofyandri Piliang bahwa hasil ANBK yang valid ini sangat penting untuk perencanaan pendidikan di Pasbar, karena dengan adanya Asesmen Nasional ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pendidikan.

Baca Juga: Puskesmas Paraman Ampalu Kekurangan Tenaga Medis, Terungkap saat Disidak Wabup Pasbar

“Kepada Bapak dan ibu operator peserta kegiatan Bimtek ini diharapkan bisa menjadi operator yang lebih berkualitas dan dapat membagikannya ke sekolah yang lain,” tutupnya [rom/isr]

Terpopuler

Add New Playlist