Ngarai Sianok dan Danau Singkarak Diajukan Jadi Geopark Dunia

Penulis: Ramono Aryo

Padang, Padangkita.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) mengajukan Ngarai Sianok dan Danau Singkarak sebagai Geopark Dunia atau Unesco Global Geopark (UGG).

“Kita sudah punya tiga geopark nasional, sekarang kita coba jajaki untuk jadi UGG,” kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Minggu (27/6/2021).

Menurutnya, tim persiapan sudah mempresentasikan potensi geopark Ranah Minang dan langkah-langkah yang mungkin diambil untuk menjadikannya geopark dunia.

“Hasilnya nanti akan segera kita tindaklanjuti dengan pembentukan Badan Pengelola Geopark serta berkoordinasi dengan bupati dan wali kota,” ujarnya.

Ketua Tim Persiapan Geopark Ranah Minang menjadi UGG, Febrian mengatakan untuk bisa menjadi geopark dunia memang perlu langkah-langkah percepatan. Biasanya untuk bisa menyandang status itu geopark harus jadi geopark nasional dulu.

“Kita juga harus punya tema yang kuat secara geologi untuk bersaing secara internasional. Kita memiliki tema itu yaitu Patahan Sumatra,” katanya.

Ia merinci geopark di patahan Sumatra itu sebenarnya cukup banyak yang berada dalam satu garis mulai dari Sianok, Danau Singkarak, Danau Diatas dan Danau Dibawah, Suliti Solok Selatan hingga Geopark di Pasaman.

Namun kalau disiapkan seluruhnya, akan sangat berat kerja yang harus dilakukan. Oleh sebab itu ada kemungkinan akan diambil dua geopark sebagai langkah awal yaitu Sianok dan Singkarak. Tetapi untuk jangka panjang, semua akan diajukan karena memiliki potensi yang sama.

Menurutnya cukup banyak persiapan yang harus dilakukan karena geopark basisnya adalah masyarakat sementara objeknya geologi, biologi dan budaya. Kemudian cara pengelolaannya juga ada tiga diantaranya melalui konservasi, edukasi dan sumber daya ekonomi lokal.

“Persiapan untuk semua aspek ini yang kita coba lakukan percepatan diantaranya dengan penyiapan infrastruktur, masyarakat dan program,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Balitbang Sumbar, Reti Wafda menyebut rapat yang digelar merupakan tindaklanjut dari kunjungan Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Rustam Effendi seminggu sebelumnya.

“Dalam pertemuan itu disebutkan Kemenko Marves siap untuk menfasilitasi pengajuan Geopark Ranah Minang untuk jadi Geopark Nasional atau UGG. Syaratnya kita memang sudah benar-benar siap dalam segala aspek,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga dijajaki kemungkinan Geopark Sianok dan Singkarak sama-sama diajukan jadi UGG.

“Jalur sebenarnya untuk bisa jadi UGG, harus jadi Geopark Nasional dulu. Sianok sudah Geopark Nasional sementara Singkarak masih belum. Namun karena sebenarnya yang berada pada inti patahan Sumatra adalah Geopark Singkarak, kita coba jajaki apakah mungkin Sianok dan Singkarak diajukan jadi UGG bersamaan dengan catatan kita akan melengkapi semua dokumen tentang Singkarak,” jelasnya.

Baca Juga: Kunjungi Jam Gadang dan Ngarai Sianok, Menparekraf Sandiaga Sebut Bukittinggi Kota Wisata Dunia

Ia menyebut data kajian geologi, bilogi dan budaya sudah selesai dikerjakan di Balitbang Sumbar. Tahun ini akan dibantu kelengkapan dokumen dari Dinas Pariwisata. Tahun depan bisa dibuatkan masterplannya.

“Tapi informasinya untuk masterplan bisa sambil jalan. Karena itu ada potensi bisa dipercepat tahun ini,” ujarnya. [*/abe]

Terpopuler

Add New Playlist