Ngalau Indah Pangian Diusulkan Menjadi Geopark Nasional, Nagari Pangian Diminta Fokus Pariwisata

Penulis: Agg
|
Editor: Rina Akmal

Berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pangian dikenal sebagai nagari yang Elok Baso dan memiliki Jiwa Gotong Royong

Batusangkar, Padangkita.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar mengusulkan Ngalau Indah Pangian di Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, menjadi geopark nasional.

“Kami baru saja rapat bersama tim geopark, dan salah satunya Ngalau Pangian kami usulkan jadi geopark nasional. Kalau terwujud, akan dapat banyak program nantinya dari pemerintah. Namun, dari sekarang mari perlahan-lahan masyarakat kita berubah, bagaimana bersikap ramah menjadi tuan rumah,” Bupati Tanah Datar Eka Putra saat kunjungan Safari Ramadhan ke Masjid Al Kubra Pangian, Sabtu (24/4/2021) malam.

Ia meminta pemerintah nagari lebih fokus pada pembangunan pariwisata dan pertanian. Sebab, kata dia, objek wisata yang ada di Pangian tidak dimiliki oleh daerah lain. Sehingga, potensi itu diyakini bakal mampu menarik perhatian apabila dikelola dengan baik.

“Nagari Pangian harus fokus dalam bidang pertanian dan pariwisata. Saat ini, di Kementerian Pariwisata banyak anggaran untuk Desa Wisata, Pangian sudah ada Ngalau, arung jeram, batu datar. Tinggal hidupkan sanggar kesenian, sasaran silek (silat) untuk jadi atraksi wisata,” ujar Eka Putra.

Pangian sebagai pusat pariwisata, kata Eka Putra, bukan hal mustahil dapat terwujud. Karena, Nagari Pangian dikenal sebagai nagari yang Elok Baso, sehingga masyarakatnya masih memiliki jiwa gotong royong yang tinggi dan sangat menghargai tamu yang datang.

“Persatuan di tengah masyarakat dan kalangan pemuda di Nagari Elok Baso ini patut kita acungi jempol karena selalu menjaga kekompakan. Dengan kekompakan ini pasti semua yang kita inginkan itu dapat terwujud secara bersama-sama,” sebutnya.

Dalam kunjungan itu, Bupati Eka Putra yang didampingi sejumlah pejabat menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Al Kubra Pangian sebesar Rp10 juta, dan a bantuan untuk rumah data Galapuang.

Ke depan sebut Eka Putra, untuk Nagari Pangian tengah dipersiapkan anggaran untuk pembangunan jembatan Galapuang dan peningkatan jalan ke Galapung. Bahkan pada pekan sebelumnya, Dinas PU sudah membantu perbaikan jalan yang rusak di Jorong Koto Godang.

Baca juga: Pemkab Tanah Datar Dukung Danau Singkarak Jadi Kawasan Geopark Nasional

Terkait kelangsungan pembangunan masjid, sebut Eka Putra akan ada bantuan dari Pemkab sebesar Rp 100 juta. “Intinya, setiap ada program pemerintah daerah, Pangian selalu teringat,” tukasnya. [rna]

Baca berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler