Nasrul Abit, Sosok Bersih yang Pekerja Keras Pembangun Pantai Carocok dan Mandeh  

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Nasrul Abit Dt. Malintang Panai meninggal dunia dini hari tadi, Sabtu (28/8/2021) setelah sepekan berjuang melawan Covid-19. Selama berkarier di dunia politik dan memimpin di Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit dikenal sebagai sosok yang bersih dan pekerja keras.

Nasrul Abit lahir pada 24 Desember 1954 di Labuhan Tanjak, Nagari Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Ia memulai karier politiknya di Sumbar ketika menjadi Wakil Bupati Pessel pada 2000 silam. Waktu itu ia berpasangan dengan Bupati Darizal Basir yang kini menjadi anggota DPR.

Sebelum itu, Nasrul Abit adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Setelah satu periode jadi Wakil Bupati, Nasrul Abit yang waktu itu adalah politisi Partai Amanat Nasional (PAN) maju menjadi Bupati Pessel. Berpasangan dengan Syafrizal Ucok, Nasrul Abit terpilih menjadi Bupati Pessel periode 2005-2010.

Habis periode pertama, Nasrul Abit yang kemudian berpindah ke Partai Demokrat kembali maju menjadi Bupati bersama pasangannya Editiawarman. Ia kembali terpilih dan menjabat hingga 2015.

Semasa menjadi bupati, Nasrul Abit fokus membangun infrastruktur yang mendukung perekonomian masyarakat, terutama pada sektor pariwisata. Catatan Padangkita.com, di masa Nasrul Abit antara lain dilakukan  reklamasi dan pembangunan kawasan Pantai Carocok Painan serta pengembangan kawasan wisata Mandeh.

Tidak itu saja, sebagaimana daerah-daerah lain di Sumatra Barat (Sumbar) yang masih bergantung ke pusat, Nasrul Abit dengan sigap melakukan terobosan. Ia dengan cepat melakukan pemekaran nagari yang baru saja berubah dari desa sejalan dengan perubahan undang-undang.

Dari semula 83 nagari, dimekarkan menjadi 182 nagari. Kebijakan Nasrul Abit ini mendapat banyak apresiasi, karena apa yang dilakukan itu secara konkret memberikan dampak positif pada masyarakat, khususnya dengan bertambahnya dana nagari untuk Pessel.

Selesai masa jabatan dua periode sebagai Bupati Pessel, Nasrul Abit melompat lagi menjadi Wakil Gubernur Sumbar. Ia berpasangan dengan Irwan Prayitno untuk periode 2016-2021.

Pada masa menjabat sebagai Wakil Gubernur, Nasrul Abit mendapat kepercayaan dari Partai Gerindra menjadi Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar. Selama memegang jabatan sebagai Ketua DPD Gerindra Sumbar, Nasrul Abit menunjukkan kinerja yang sangat baik.

“Selama beliau memimpin Partai Gerindra di Sumbar, Gerindra bisa memenangkan kontestasi Pileg (pemilihan legislatif) 2019 dan suara Prabowo menang telak 86 persen,” ujar Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade.

Baca juga: Mantan Wagub Sumbar Nasrul Abit Meninggal Dunia Setelah Sepekan Berjuang Melawan Covid-19

Andre yang juga anggota DPR menyatakan, dengan berpulangnya Nasrul Abit, Partai Gerindra telah kehilangan salah satu kader terbaik. (*/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist