Napi Kasus Pembunuhan yang Kabur dari Rutan Painan, Dibekuk di Bukit Pincuran Boga

Penulis: Redaksi

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Petugas Rutan Kelas IIB Painan berhasil menangkap tahanan yang kabur.

Painan, Padangkita.com – Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Painan bersama Tim Opsnal Polisi Resor (Polres) Pesisir Selatan (Pessel) berhasil membekuk seorang narapidana atau napi kasus pembunuhan yang kabur pada Selasa (27/4/2021).

Kepala Rutan Kelas II B Painan, Fajar Ferdinan mengatakan, napi berinisial R, 30 tahun tersebut dibekuk oleh petugas di Bukit Pincuran Boga Painan pada Rabu (28/4/2021) sekitar pukul 21.15 WIB.

“Atas informasi masyarakat, kami dari petugas Rutan Painan dan dibantu oleh anggota Polres Pessel bergerak cepat menuju lokasi, dan berhasil menangkap R,” jelas Fajar saat diwawancarai Padangkita.com di ruang kerjanya, Kamis (29/4/2021).

Fajar menceritakan, saat peristiwa penangkapan, R berupaya untuk melarikan diri dan memanjat bukit di sekitar lokasi. Namun petugas rutan yang cekatan akhirnya berhasil menghentikan upaya pelarian napi tersebut.

“Saat bergerak dan melakukan pengepungan lokasi napi, kami dari petugas rutan ada enam orang dan dibantu oleh tiga orang anggota kepolisian,” ujarnya.

Fajar menungkap, alasan napi yang berupaya kabur melarikan diri dari rutan, karena merasa stres dengan beban hukuman yang akan dijalani. Selain itu pihak keluarga juga sudah banyak yang membenci perilakunya dalam kasus pembunuhan seorang remaja di Sungai Tunu Barat, Kecamatan Ranah Pesisir yang pada Kamis (5/11/2020) lalu.

“Tidak ada perlawanan saat ditangkap, saat ini dia (napi) sudah ditahan kembali di rutan Painan di ruang sel khusus. Dan petugas kami juga melakukan pengawasan secara maksimal, agar tidak ada lagi tahanan yang kabur,” katanya.

Baca juga: Hingga Pagi Ini, Enam Tahanan Kabur Dari Lapas Muaro Sijunjung Berhasil Ditangkap

Diberitakan sebelumnya, R, kabur dari tahanan sekitar pukul 12.30 WIB atau saat salat Zuhur. Dari informasi yang didapatkan Padangkita.com di Rutan Painan, R kabur dengan cara memanjat pagar berkawat dengan ketinggian sekitar empat meter. Dia lolos memanjat pagar tersebut saat petugas dan warga binaan melaksanakan salat Zuhur. [nik/pkt]


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler