Muswilub 2022 Digelar Senin, LDII Sumatra Barat Cari Ketua Definitif

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sumatra Barat (Sumbar) akan mencari ketua definitif dalam Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswilub).

Muswilub rencananya akan digelar di Aula Kantor Gubernuran Sumbar, Kota Padang pada Senin (19/9/2022) nanti.

Penjabat Ketua DPW LDII Sumatra Barat, H Afrizal Yaman mengatakan, sesuai dengan hasil Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) LDII Sumbar pada Maret 2022 yang lalu mengamanahkan dua hal yakni mengangkat dirinya sebagai Penjabat Ketua DPW LDII Sumbar dan menggelar Muswilub enam bulan sejak ditetapkan hasil Rapimwil tersebut.

“Alhamdulillah kita bekerja keras dengan seluruh pengurus mewujudkannya tepat yakni enam bulan usai Rapimwil yang digelar pada Maret 2022,” kata dia dalam rilis pers yang diterima Padangkita.com, Kamis (15/9/2022).

Ia menjelaskan LDII Sumbar sangat solid dan tidak ada perpecahan, mungkin orang melihat Muswilub ini identik dengan perpecahan, konflik internal organisasi, ketidakrukunan dan lainnya.

Afrizal menegaskan Muswilub ini digelar sesuai tahapan yang berjalan sesuai pedoman organisasi usai mundurnya Ketua DPW LDII Sumbar periode 2019-2024, M Ari Sultoni yang terpilih menjadi Hakim Adhoc Tipidkor di PN Bandung Jawa Barat.

Hal itu membuat posisi ketua kosong dan H Afrizal Yaman ditunjuk sebagai Pj Ketua DPW LDII Sumbar berdasarkan hasil Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) pada Maret lalu.

“Alhamdulillah proses untuk itu sudah dijalankan termasuk pembentukan SC dan OC panitia yang akan bertugas untuk menggelar Muswilub ini. Kita juga telah beraudiensi dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi untuk meminta arahan, petunjuk dan akhirnya kegiatan ini digelar di Aula Kantor Gubernur,” kata dia.

Dalam Muswilub tersebut dirinya akan melaporkan program kerja LDII Sumbar yang telah dijalankan bersama pengurus lainnya dalam beberapa bulan terakhir.

Sesuai program kerja DPP LDII yang diturunkan ke DPW LDII Sumbar yakni di delapan bidang pengabdian yang dicanangkan yaitu wawasan kebangsaan, keagamaan, pendidikan dan ekonomi syariah, pertanian, kesehatan, energi baru dan terbarukan, penggunaan teknologi digital, dan bidang pangan.

“Sesuai AD/ART dalam pelaksanaan Muswilub ini diikuti peserta dari DPP LDII, Pengurus DPW LDII Sumbar dan juga Pengurus DPD LDII kota dan kabupaten, kemudian peninjau,” kata dia.

Sementara itu Ketua Panitia Muswilub LDII 2022, Muchfiandi mengatakan seluruh persiapan telah dilakukan sesuai tahapan demi suksesnya perhelatan ini.

Ia mengatakan ada sejumlah nama yang muncul dan jadi perbincangan di kalangan warga LDII Sumatera Barat yang akan mengisi posisi Ketua DPW tersebut.

Mulai dari Penjabat Ketua DPW LDII H Afrizal Yaman, Buya Ahmad Nasir yang merupakan Ketua LDII Kota Padang, Drh Irwan Shukur yang merupakan Ketua DPD LDII Tanah Datar, Ir Bustari Badal yang merupakan Wakil Ketua LDII Sumbar dan lainnya.

“Kita persilakan nama-nama itu bermunculan karena yang menjadi pemimpin nanti adalah orang yang memang berasal dari warga LDII dan mampu mengemban amanah untuk menjalankan roda organisasi serta mengembangkan LDII di Sumatra Barat.

Baca Juga: DPP LDII Ingatkan Hari Lahir Pancasila, Momentum Membangun Peradaban di Bidang Moral

Muswilub nantinya akan diikuti peserta dan peninjau dari 16 DPD kota dan kabupaten yang ada di Sumbar, tim dari DPP LDII serta peninjau. [*/isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist