Mulai Akhir Juli, KAI Sumbar Adakan Vaksinasi Gratis di Stasiun Padang dan Pariaman

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Kabar baik bagi masyarakat yang ingin divaksin. Mulai akhir Juli 2021, PT KAI Divre II Sumatra Barat (Sumbar) akan membuka layanan vaksinasi Covid-19 gratis di Stasiun Pariaman dan Stasiun Padang.

Kepala Humas PT KAI Divre II Sumbar Erlangga Budi Laksono mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi ini bekerja sama dengan Polres Pariaman dan Koim 0312 Padang. Nama porgramnya, “Serbuan Vaksinasi Covid-19”.

Ia menyebutkan, vaksinasi ini tidak hanya untuk penumpang kereta api, tetapi masyarakat umum.

Jadwal vaksinasi di dua tempat itu adalah, di Stasiun Pariaman dilakukan pada hari Senin tanggal 26 Juli 2021 pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.30 WIB. Kemudian, di Stasiun Padang dimulai pada hari Rabu tanggal 28 Juli 2021 pada pukul 08.00 WIB hingga 14.30 WIB.

“Khusus untuk di stasiun Padang, kegiatan vaksinasi akan dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu yaitu khusus hari Rabu dan Jum’at secara menerus,” kata Erlangga.

Ia mengungkapkan, vaksinasi gratis ini merupakan upaya KAI untuk mendukung program percepatan vaksinasi Covid-19 yang sedang digalakkan pemerintah dan sebagai upaya dalam pencegahan Covid-19.

Lebih jauh Erlangga menjelaskan, syarat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di stasiun ini, bagi penumpang KA harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA yang berlaku, dan membawa KTP asli.

Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19.

Baca juga: 21% Warga Padang Sudah Divaksinasi, Dinkes Targetkan 726.615 Orang Divaksin hingga Desember

Erlangga mengimbau kepada penumpang yang akan melakukan vaksinasi Covid-19 di stasiun agar memastikan dalam keadaan sehat saat akan divaksin, serta menerapkan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki area vaksinasi, memakai masker, dan menjaga jarak untuk menghindari kerumunan.

“Pelaksanaan vaksinasi ini disesuaikan dengan kuota dan ketersediaan vaksin.” (*/pkt)

Terpopuler