MTQ ke IX Nagari Persiapan Ophir Ditutup, 27 Yatim Terima Bantuan Rp75 Juta 

Penulis: Isran Bastian

Simpang Empat, Padangkita.com – Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke IX se Nagari Persiapan Ophir yang diselenggarakan pada tanggal 14 – 18 April 2022 di halaman Masjid Raya Nurul Iman Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) telah berakhir, Senin (18/4/2022) malam.

MTQ yang sebelumnya dibuka oleh Wakil Bupati Risnawanto itu kali ini ditutup oleh Bupati Pasbar, Hamsuardi serta dihadiri oleh Ketua DPRD Pasbar Erianto.

Pada kesempatan ini, juga diserahkan santunan berupa uang tunai kepada 27 orang anak yatim senilai Rp75 juta. Dimana santunan tersebut berasal dari sumbangan masjid dan musala dan sumbangan keanggotaan wirid yasin serta donatur warga se Nagari Persiapan Ophir.

Dalam sambutannya, Bupati Hamsuardi mengatakan bahwa tema MTQ kali ini, yaitu “Melalui MTQ Ke-IX Kenagarian Persiapan Ophir Kita Pererat Silaturahmi Serta Raih Prestasi yang Gemilang” ada pesan penting yang disampaikan yakni bukan hanya juara yang dicari namun silaturahmi yang erat juga harus terjalin. Ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua tokoh masyarakat, sehingga terlaksananya acara dengan meriah.

Kemudian, ia menyampaikan bahwa manfaat dari membaca alquran adalah akan menjadi penolong atau penerang bagi mayat didalam kubur nantinya. Untuk itu, Pemda bersama DPRD membuat visi dan misi di bidang keagamaan diantaranya magrib mengaji dan tahfidz tingkat SD dan SMP.

“Kita berharap di setiap rumah di Pasbar itu membaca alquran, setidaknya sehabis magrib. Kita berharap anak kita nantinya tamat SD dapat menghafal tujuh hingga delapan juz Alquran. Sehingga dalam seminggu menghafal 4-5 ayat. Sebab, cita-cita kita tahun 2036 nanti 30 persen masyarakat pasbar menjadi penghafal alquran,” harap Hamsuardi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Pasbar Erianto menyatakan kegiatan tersebut diadakan secara berkesinambungan. Pemerintah daerah bersama DPRD menyatakan kesiapan untuk mendukung sepenuhnya, terkhusus di daerah nagari persiapan Ophir.

“Dengan adanya kegiatan di Kenagarian Persiapan Ophir ini, mudah-mudahan masyarakat di nagari-nagari lainnya yang ada di Pasaman Barat dapat termotivasi juga,” imbuhnya.

Disamping itu, Ketua Panitia Pelaksana MTQ Adam Huri menjelaskan bahwa MTQ ke IX ini diikuti oleh lebih kurang 70 orang peserta dengan cabang lomba meliputi lomba tilawah, tahfidz, adzan dan lomba pildacil tingkat SD dan SMP. Hadiah yang diberikan berupa piala dan tabanas ditambah dengan hadiah dari beberapa pejabat yang hadir.

“Nantinya pemenang lomba masing-masing cabang ini mendapatkan piala dan tabanas. Tabanas untuk juara 1 senilai Rp300 ribu, juara 2 sebanyak Rp250 ribu dan juara 3 Rp200 ribu,” sebutnya.

Selain itu, juga diperebutkan piala bergilir yang disponsori oleh Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto serta tambahan hadiah dari Pemda Pasbar senilai Rp2 juta, hadiah dari Bupati senilai Rp1 juta, dan dari Ketua DPRD sebanyak Rp2 juta serta hadiah lainnya dari Anggota DPRD setempat, yakni Subandrio dari Fraksi Demokrat.

Baca Juga: Kunker Komisi V DPR RI, Bupati Pasbar dan Bupati Pasaman Sampaikan Ini

“Terimakasih atas kerjasama dan kekompakan semua pihak dalam penyelenggaraan MTQ ke IX ini. Semoga silaturrahmi diantara semua pihak ini tetap terjalin kedepannya,” imbuhnya mengakhiri. [rom/isr]

Terpopuler

Add New Playlist