Meski Pandemi Covid-19, Dharmasraya Tetap Raih Segudang Prestasi

Penulis: Redaksi

Pulau Punjung, Padangkita.com – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia dua tahun belakangan sangat berimbas pada seluruh lini kehidupan, tak terkecuali pada penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Dharmasraya.

Hampir seluruh sumberdaya yang ada dikerahkan untuk menanggulangi dampak pandemi yang berkepanjangan itu. Sehingga, fokus utama pemerintah daerah beralih ke penanggulangan Covid-19.

Namun, upaya memajukan Kabupaten Dharmasraya di segala bidang tidak berhenti karena pandemi. Buktinya, berbagai prestasi justru ditorehkan saat pandemi melanda.

Contohnya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mencatat sejarah menjadi bupati pertama Dharmasraya yang terpilih sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

Selain itu, tahun ini Dharmasraya untuk keenam kali secara berturut-turut, kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan dari BPK.

Sementara itu, meski belum memperoleh predikat A, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Dharmasrya juga semakin bergerak ke arah yang lebih baik, yaitu memperoleh predikat B.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya pada tahun ini juga memperoleh Top Inovasi 45 Terpuji dari Kemenpan-RB dalam rangka Kompetisi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2021.

Inovasi yang berhasil memenangkan penghargaan prestasius tersebut, yaitu GL Pro SASABESA (Gerakan Lansia Produktif Saiyo Sakato Beringin Sakti) dari Dinas Sosial P3APPKB. Kemenangan ini tentu akan menambah pundi-pundi pemerintah daerah, pemenang biasaya akan memperoleh Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat.

Atas dasar itu, Sutan Riska pada apel gabungan awal Desember 2021 memberikan penghargaan kepada instansi maupun individu yang turut terlibat ataupun memberi dukungan terhadap berbagai prestasi yang diperoleh.

Menurut Sutan Riska, penghargaan itu sebagai bukti bahwa setiap inovasi yang dikaryakan untuk kemajuan Dharmasraya pasti akan mendapat apresiasi dari pemerintah daerah.

Jadi, lanjut Sutan Riska, tidak benar bahwa inovasi yang digagas oleh individu maupun OPD tidak didukung pemerintah daerah.

Apapun kepercayaan dan penghargaan yang diperoleh dari pemerintah pusat, ucap Sutan Riska, tidak terlepas dari konstribusi banyak pihak. Penghargaan yang diberikan kepada individu, nagari mapun OPD saat ini, merupakan bentuk apresiasi sebagaimana pemerintah pusat memberi kepercayaan dan penghargaan kepada dirinya.

“Kuncinya komunikasi, mari sampaikan ide bapak ibuk kepada kami, kalau realistis, berdampak positif kepada masyarakat, serta dapat dilaksanakan, tentu akan kami dukung,” ujar Sutan Riskasaat apel pagi di halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (06/12/2021).

Pemerintah pusat, lanjut Sutan Riska, memberi sejumlah kepercayaan dan alokasi dana untuk Dharmasraya tidak datang begitu saja.

“Tentu harus ada alasan-alasan yang sampaikan, atau hal-hal positif yang dapat dinilai dari Kabupaten Dharmasraya untuk dapat meyakinkan pihak-pihak tersebut, dan salah satunya inovasi,” ungkapnya.

Selain memberi penghargaan atas inovasi GL Pro SASABESA, Sutan Riska juga memberi penghargaan kepada pemenang lomba Bulan Reformasi Birokrasi Kabupaten Dharmasraya Tahun 2021, yaitu Dinas PMPTSP, Dinas Pangan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Sosial P3APPKB.

Sementara itu, untuk Program Kampung Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup, Sutan Riska juga memberi penghargaan kepada Jorong Candra Kirana, Jorong Karya Budaya Barat, Jorong Harapan Maju dan Jorong Kartika Indah Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung.

Untuk keberhasilan Dharmasraya memperoleh Penghargaan Kabupaten Layak Anak dan Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Pertama Tahun 2021, Sutan Riska juga menyerahkan piagam kepada Dinas Kesehatan, Dinas Dukcapil, Dinas Kominfo dan Kecamatan Asam Jujuhan atas partisipasi aktif dalam mendukung kegiatan.

Adapun individu yang memperoleh penghargaan dari Sutan Riska yaitu, Bobby P Riza, Dwi Andayani, Indra Kadican, Murni Setiasih dan Siti Barokah, untuk inovasi GL Pro SASABESA.

Baca juga: Kado KORPRI untuk Guru Asal Tapanuli Selatan yang Telah Mengabdi Puluhan Tahun di Dharmasraya

Lalu, Puskesmas Beringin Sakti, Pemerintah Kecamatan Timpeh, Kantor Kemenag Dharmasraya, Dinas Kesehatan, Dinas Kumperdag dan TKSK Kecamatan Timpeh juga diganjar piagam penghargaan karena turut mensukseskan inovasi tersebut. [*/adv]

Terpopuler

Add New Playlist