Meresahkan dan Berupaya Kabur, 8 Napi Lapas Kelas IIA Padang Akan Dipindahkan ke Palembang

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Zulfikar

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Sebanyak delapan narapidana Lapas Kelas IIA Padang akan dipidahkan ke Palembang.

Padang, Padangkita.com – Sebanyak delapan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang akan dipindahkan ke Lapas Kelas I Palembang, Sabtu (1/5/2021).

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas II A Padang, Era Wiharto mengatakan, pertimbangan pemindahan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tersebut, karena mereka telah membuat resah dan bisa menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban.

“Kemarin, mereka itu punya rencana melarikan diri dan sudah mendapat jalan,” ujar Era kepada awak media, Jumat (30/4/2021).

Menurut Era, pihaknya sudah melakukan pendalaman dan hasilnya hanya delapan tahanan yang ikut dalam upaya aksi melarikan diri dari penjara dengan cara memotong terali besi dari gorong-gorong belakang masjid kompleks Lapas.

“Di sana, teralis yang digunakan untuk menutup got, sudah digergaji, sudah patah dan hanya tinggal menunggu waktunya saja mereka kabur, namun ketahuan. Teralis itu sudah kami ganti dengan yang baru dan ukurannya juga lebih besar,” ungkapnya.

Namun, kata Era, hal tidak menutup kemungkinan narapidana yang lain berpotensi akan ikut beraksi. “Mereka memanfaatkan kondisi cuaca yang sedang anomali, hujan terus menerus, dan kemudian mereka lakukan pada siang hari,” paparnya.

“Untuk tahap berikutnya, kami akan pindahkan ke Nusakambangan. Indikasinya, mereka dipindahkan, di antaranya dari lama pidananya mereka dari 18, 20, bahkan hingga seumur hidup, kemudian sudah berulang kali melakukan tindak pidana, kasusnya macam-macam, ada narkoba dan tindak pidana kriminal lainnya,” sambung Era.

Era menegaskan, pihaknya akan terus menggencarkan razia kamar hunian, karena ingin membersihkan telepon seluler (ponsel) dari dalam Lapas.

“Kami sudah menyediakan Warung Telepon Khusis Lapas (Wartel Suspas) dan layanan video call, jadi kami harapkan mereka semua (narapidana) tidak memiliki ponsel secara pribadi,” ucapnya.

Baca juga: Mantan Penjaga Ruang Isolasi Nusa Kambangan Bikin Gebrakan di Lapas Padang

Data dari Lapas Kelas IIA Padang, saat ini jumlah penghuninya mencapai 870 orang dan lapas tersebut juga masih berstatus over kapasitas dengan persentase mencapai 120 persen. [zfk]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler