Menteri PPN Dorong Penguatan BPTUHPT Padang Mangatas, Ini yang Direncanakan

|
Editor: Redaksi

Berita Limapuluh Kota hari ini dan berita Sumbar hari ini: Penguatan balai pembibitan juga harus didukung infrastruktur memadai

Sarilamak, Padangkita.com– Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa mendorong penguatan atau peningkatan hasil ternak di Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTUHPT) Padang Mengatas, Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kementerian PPN/Bappenas mendorong peningkatan hasil ternak balai pembibitan dengan memperkuat sarana dan prasarana balai,” ujar Suharso saat mengunjungi balai pembibitan tersebut, Jumat (9/4/2021).

Serta meningkatkan luasan hijauan pakan ternak sebesar 10 persen, menambah populasi bibit ternak sebesar 2,5 persen.

Dia menuturkan Kementerian PPN/Bappenas juga mendorong menjadikan BPTUHPT Padang Mangatas sebagai agen dalam mentransfer inovasi teknologi peternakan bagi pelaku peternakan lainnya.

Menurut Suharso, penguatan balai pembibitan tersebut juga harus didukung dengan infrastruktur memadai, seperti jalan akses menuju balai serta pengembangan usaha pembibitan dengan skala ekonomis.

Hal tersebut mengingat luasan lahan balai yang mencapai 280 hektare, dengan lahan penggembalaan sebesar 211 hektare dan populasi ternak sebanyak 1.227 ekor.

Kata dia pula, agar pakan ternak yang diberikan kepada ternak semakin berkualitas, perguruan tinggi atau lembaga riset perlu dilibatkan.

Selain itu, BPTUHPT Padang Mangatas juga perlu melakukan kerja sama pengembangan peternakan dan penguatan balai pembibitan. Terkait hal itu, Kementerian PPN/Bappenas siap mendorong.

“Untuk pengembangan tersebut, Kementerian PPN/Bappenas mendorong adanya inisiasi untuk memulai kerja sama dengan badan usaha, baik BUMN maupun swasta, untuk pengembangan bisnis peternakan,” tegas Suharso.

Lebih jauh Suharso menyampaikan, BPTUHPT Padang Mangatas perlu melakukan penguatan hasil ternak karena sesuai amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Pemerintah menargetkan konsumsi protein asal ternak sebesar 11 gram/kapita tiap harinya dan ketersediaan protein hewani sebesar 2,9 juta ton pada 2024.

Berdasarkan hal tersebut, Kementerian PPN/Bappenas mendorong pengembangan peternakan sapi yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

“Pemerintah terus memperkuat sistem pangan nasional yang fokus kepada upaya menjamin produksi pangan beragam dan bernutrisi yang berkelanjutan, industrialisasi pangan lokal, serta penguatan korporasi petani dan distribusi pangan,” terangnya.

Selain mengunjungi balai pembibitan, Suharso juga meninjau pembangunan Monumen Bela Negara.

Sebelumnya, dia juga mengunjungi Sitinjau Lauik, Kota Padang untuk meninjau rencana pembangunan fly over Panorama I.

Baca juga: LAI Surati Gubernur Minta Keterbukaan Informasi Soal Dana CSR Badan Usaha di Sumbar 

Dia juga meninjau proses pembangunan Stadion Utama Sumbar di Sikabu, Kabupaten Padang Pariaman, serta Danau Maninjau. [pkt]

Baca berita Limapuluh Kota hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler