Mentawai Jajaki Kerja Sama Pengolahan Air Bersih dengan ITP

Penulis: Redaksi

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menjajaki kerja sama penerapan pengolahan air bersih dengan Institut Teknologi Padang (ITP)

Padang, Padangkita.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar mengakui sejumlah desa atau dusun yang berada di Mentawai masih kekurangan air bersih.

Untuk itu, pihaknya coba menjajaki kerja sama dengan ITP terkait penerapan teknologi tepat guna tentang pengolahan air bersih di Mentawai.

“Kami sangat tertarik dengan alat pengolahan air bersih karya ITP yang mungkin bisa kita gunakan di dusun-dusun di Mentawai, karena disana kita masih kesulitan air bersih,” katanya berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com, Senin (9/3/2020).

Sementara itu, Rektor ITP Hendri Nofrianto menyambut baik niat kerjasama Pemkab Mentawai dengan ITP yang juga memiliki program ITP Mitra Nagari sebagai bagian dari bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: Gempa 5,2 SR Guncang Mentawai, BMKG Imbau Warga Tenang

“Dalam program kita ITP Mitra Nagari, tujuannya memang melakukan kerjasama dengan nagari-nagari atau desa dalam penerapan teknologi tepat guna ITP sehingga bisa dimanfaatkan dan berguna bagi masyarakat,” kata Rektor.

Terkait teknologi tepat guna pengolahan air bersih dirinya mengatakan bahwa mesin yang diciptakan oleh ITP tersebut sudah dilirik oleh 10 nagari yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Kita akan coba diskusikan dengan dekan dan dosen terkait alat apa yang bisa kita terapkan disana untuk memudahkan masyarakat di Mentawai,” imbuhnya.

Agenda ini juga dilanjutkan dengan presentasi alat teknologi tepat guna yang telah diciptakan oleh ITP, seperti alat pengering tenaga tata surya, alat pengolahan air bersih, dan alat pengasapan ikan. [*/abe]


Baca berita Mentawai hanya di Padangkita.com

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist