Mentawai Dicanangkan Jadi Tempat Kompetisi Selancar Tingkat Dunia

Penulis:
Ilustrasi peselancar (Foto : Banyuwangikab.go.id)

Padangkita.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) rencananya akan mengadakan 10 kompetisi surfing di 10 lokasi yang berbeda di Indonesia pada tahun 2018 mendatang.

Salah satu lokasi yang dipilih adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang dianggap memiliki sejumlah spot yang bagus untuk penyelenggaraan tersebut.

Dikutip dari situs kemenpar, Rabu (30/08/2017), berbagai kompetisi surfing lokal, nasional maupun internasional telah dilaksanakan untuk terus mendongkrak promosi wisata surfing di wilayah tersebut, salah satunya yakni Mentawai International Pro Surf Competition pada tahun 2013 silam.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar Indroyono Soesilo mengatakan Indonesia memiliki spot-spot surfing terbaik di dunia, salah satunya di Mentawai. Sayang bila tidak dimanfaatkan dengan optimal.

“Bedasarkan sumber dari Repucom pada 201, surfing berada di posisi pertama, lalu balap mobil nascar, MLB, kompetisi bola basket NBA dan kompetisi football NFL yang memiliki penonton paling loyal. Sehingga bisa dipastikan para surfer mancanegara itu nantinya akan membawa penonton untuk ke Indonesia. Goals-nya, kita berharap Kompetisi Selancar Tingkat Dunia akan berlangsung pada 2019 di Mentawai-Sumatera Barat,” katanya.

Bukan tanpa alasan Mentawai dipilih sebagai venue kompetisi selancar tingkat dunia. Berbagai jenis gulungan ombak yang menggairahkan hingga klasifikasi ekstrem bisa ditemukan di sana.

Menurutnya ada dua spot di Mentawai yang wajib dicoba, yakni spot Lances Right dan Macaronies yang masuk ke dalam 10 spot surfing terbaik dunia.

“Dua spot tersebut harus dicoba,” tambahnya.

Saat ini menurutnya, di Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki 71 titik lokasi atau spot selancar dengan 49 titik yang terkategori eksklusif di dunia.

Olahraga selancar merupakan pasar unggulan dalam memacu laju kunjungan wisatawan ke Kepulauan Mentawai. Karakter ombak yang bermacam-macam menjadi daya tarik bagi para peselancar untuk berselancar di kepulauan ini.

Saat ini Kemenpar sedang melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait mengenai pelaksanaan kompetisi surfing tingkat regional di 10 lokasi di Indonesia.

“Kemenpar sedang berkoordinasi dengan World Surf Leauge (WSL), Regional Manager Asia (WSL), dan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) untuk mengadakan 10 kompetisi selancar tingkat regional di 10 lokasi yang ada di Indonesia pada 2018,” ujar Indroyono dalam keterangan tertulisnya, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, saat ini Indonesia saat ini memiliki hampir seribu spot surfing dan memiliki ombak terbaik di belahan bumi.

Ribuan international surfer juga sudah penah datang ke Indonesia untuk merasakan kesempurnaan ombak yang berada di berbagai lokasi. Jadi sangat pantas bila Indonesia menjadi destinasi surfing terbaik di dunia.

Terpopuler

Add New Playlist