Mentawai Catat Tambahan Kasus Baru Covid-19 Paling Banyak di Sumbar

Penulis: MF Zikri

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Kabupaten Kepulauan Mentawai Mencatat pertambahan kasus Covid-19 terbanyak hari ini

Padang, Padangkita.com – Setelah melonjak sangat tinggi 237 orang, hari ini (7/9/2020) kasus Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) bertambah 51 orang. Sementara, pasien yang sembuh bertambah 42 orang. Tidak ada laporan tambahan pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal menyebutkan tambahan 51 kasus ini berasal dari 12 daerah, paling banyak dari Kabupaten Kepulauan Mentawai 16 orang, menyusul Kota Padang 15 orang.

Berikutnya dari Kabupaten Padang Pariaman 5 orang, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) 3 orang, Kota Padang Panjang 3 orang, Kabupaten Sijunjung 2 orang, Kota Sawahlunto 2 orang, Kabupaten Agam 2 orang, Kabupaten Dharmasraya 1 orang, Kabupaten Limapuluh Kota 1 orang, dan ada pula dari pemeriksaan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) 1 orang.

Tambahan 51 kasus positif dan 42 sembuh (negatif) ini, berdasarkan pemeriksaan 4.650 sampel spesimen oleh tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, Padang.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Sumbar Bertambah 237 Orang Hari Ini, Jasman: 95 Persen Orang Tanpa Gejala

“Ini merupakan rekor terbaru secara nasional pemeriksaan sampel spesimen di Indonesia,” kata Jasman yang juga Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Senin (7/9/2020) siang.

Dari data yang dirilis Gugus Tugas Covid-19 Sumbar selama ini, baru kali ini Kepulauan Mentawai mencatat kasus harian paling banyak, bahkan paling banyak dibanding daerah lain di Sumbar.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Sumbar Meledak 233 Orang Positif, Catat Rekor Baru Kasus Harian

Terkait ledakan kasus di Mentawai ini, belum ada penjelasan. Hanya, sebelumnya, Jasman Rizal menyebut, sebagian besar kasus yang melonjak beberapa hari terakhir adal orang tanpa gejala (OTG).

Soal data sementara pagi ini, lanjut Jasman, akan diperbarui dengan keterangan lebih lengkap dan rinci sore nanti. [*/pkt]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com