Mendongkrak Pendapatan Pelaku UMKM dari Pergelaran Pentas Seni dan Budaya 

Penulis: Isran Bastian

Simpang Empat, Padangkita.com – Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terkenal dengan Kreatifitas, seni budaya serta kulinernya. Semakin hari semakin berkembang, baik dari segi ekonomi, budaya, serta pertumbuhan penduduknya. Namun menyikapi perkembangan ini masih banyak hal yang harus dipersiapkan terutama di bidang UMKM.

“Kekayaan etnis Pasbar harus dibina dan diharmonisasikan dengan baik,” ujar Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto saat membuka kegiatan Pentas Seni Budaya tahun 2022 di lapangan MTQ Padang Tujuh, Kecamatan Pasaman, Minggu (12/6/2022) pagi.

Risnawanto juga menyampaikan, bahwa bakat generasi muda harus dibina secara maksimal dan berkala serta ditampilkan pada tempat yang telah disediakan.

“Tugas kita memberi peluang generasi muda dalam berkreasi baik dalam bidang seni, olahraga maupun ekonomi. Tentunya, zona ini menampung minat bakat para pemuda. Ini kita bina dan kita tampilkan secara berkesinambungan dimana fasilitas sudah kita sediakan,” katanya.

Kemudian, ia juga mengucapkan terimakasih kepada OPD dan seluruh pihak yang terlibat dan telah menginisiasi kegiatan pentas seni budaya tahun 2022 ini. Selain itu, Risnawanto juga berharap nantinya ada kerjasama OPD terkait dengan para pemuda dan keikutsertaan masyarakat di seluruh elemen.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih kepada OPD dan semua yang terlibat yang telah menginisiator pentas seni budaya ini sehingga dapat kita laksanakan hari ini dengan baik,” tuturnya.

Dikatakannya, dimana kerjasama tersebut juga merupakan zona terpadu dalam satu area. Bergabungnya Dispora nantinya akan melengkapi segala aspek yang dibutuhkan, sehingga ada pentas budaya, zona olahraga, ekonomi kreatif dan juga stand UMKM yang disediakan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Objek, Daya Tarik dan Atraksi Dinas Pariwisata, Desyarti menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pentas Seni Budaya tersebut bertujuan untuk memberikan ruang bagi pelaku seni dan budaya dalam mengembangkan UMKM dan ekonomi kreatif Pasbar serta melestarikan nilai-nilai seni dan budaya di Pasbar.

Desyarti menambahkan Tema dari kegiatan Pentas Seni Budaya ini adalah “Kreasi dan Inovasi (KDI)”. Menurutnya, kegiatan pentas seni ini akan diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu yang dimulai pada pukul 16.00 WIB.

“Dalam kegiatan ini Dinas Pariwisata telah menggandeng beberapa OPD diantaranya Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kominfo, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Damkar, serta Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Pasbar. Kemudian setiap hari Minggunya akan diadakan senam kreasi dan zumba yang dipandu instruktur dari IOSKI dan ASIAFI Pasbar,” sebut Desyarti.

Disamping itu, tempat kegiatan ini juga dilengkapi dengan sarana Wifi gratis yang disediakan oleh Diskominfo Pasbar.

Baca Juga:  Rakor KONI Pasbar, Bupati Minta Inventarisasi Semua Atlet Untuk Porprov

“Adanya sarana Wifi gratis ini diharapkan akan meningkatkan daya tarik masyarakat dan kaum muda untuk berkunjung sehingga mampu mendongkrak pendapatan dari para pelaku usaha dan pedagang yang ada dilokasi ini,” pungkasnya. [rom/isr]

Terpopuler

Add New Playlist