Melihat Pembangunan Jalan Tol Terindah di Indonesia, Begini Progresnya  

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan atau Jalan Tol Cisumdawu terus berlanjut.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun terus mendorong penyelesaian konstruksi Jalan Tol Cisumdawu, khususnya pada Seksi 2 hingga 6.

Terkait kepentingan itu, Anggota BPJT Unsur Akademisi Eka Pria Anas bersama Plh. Anggota BPJT Unsur Kementerian PUPR Mahbullah Nurdin melakukan kunjungan lapangan mengecek progres konstruksi Jalan Tol Cisumdawu dari Seksi 2 hingga 6, Jumat (12/8/2022).

Di lapangan, mereka melihat langsung pelaksanaan konstruksi yang banyak penambahan pekerja dan alat berat guna mempercepat progres penyelesaian konstruksi. Diketahui, topografi wilayah Jalan – Tol Cisumdawu memang beragam, mulai dari dataran rendah, perbukitan hingga pegunungan yang cukup rumit.

Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

Dari keenam seksi, Seksi 1 Cileunyi – Pamulihan sepanjang 11,45 km dan Seksi 2 Pamulihan – Sumedang sepanjang 17,05 km dikerjakan oleh Pemerintah. Seksi 1 sudah operasional 100%, sedangkan progres konstruksi untuk Seksi 2 sudah mencapai 97,94% dan akhir tahun 2022 akan selesai konstruksinya.

Kemudian, Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT). Untuk Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100%.

Untuk pembangunan Seksi IV Cimalaka – Legok (8,2 km), konstruksi sudah 36,69%. Selanjutnya, Seksi V A dan B Legok – Ujung Jaya (14,9 km), konstruksi sudah 42,63% dan 61,24%. Sedangkan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan progres konstruksinya sudah 99,77%.

Selanjutnya, Junction Dawuan yang terkoneksi dengan Jalan Tol Cipali progresnya sudah mencapai 98,33%, secara keseluruhan ditargetkan akan selesai konstruksinya menjelang akhir tahun 2022.

Kehadiran Jalan Tol Cisumdawu nantinya dapat memberikan peran penting sebagai konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membuka banyak peluang usaha baru di wilayah Jawa Barat (Jabar), khususnya di wilayah Cileunyi – Sumedang – Dawuan dan sekitarnya.

“Dengan kelancaran waktu dan jarak tempuh yang dapat dipangkas melalui kehadiran Jalan Tol Cisumdawu, tentunya akan semakin meningkatkan pendistribusian barang dan jasa serta menghemat operasional bahan bakar kendaraan,” demikian keterangan tertulis BPJT.

Jalan Tol Cisumdawu juga merupakan salah satu jalan tol terindah di Indonesia dengan pemandangan perbukitan dan gunung di sekeliling tol yang dapat dijumpai ketika cuaca cerah. Kemudian, dari jalan tol ini dapat melihat pemandangan 3 gunung, yaitu Gunung Tampomas, Manglayang dan Patuha.

Selain itu, keberadaan Jalan Tol Cisumdawu menjadi akses pendukung menuju tempat wisata seperti di sekitar Sumedang.

Baca juga: Percepat Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, Menteri Basuki Minta Pengawasan Lapangan Diperketat

Para pengendara bisa menikmati pemandangan alam di Jalan Cadas Pangeran, menuju ke Kota Sumedang sambil menikmati kuliner tahu sumedang, Alun-alun Sumedang, Museum Prabu Geusan Ulun dan Taman Hutan Raya Gunung Kunci dan Palasari. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist