Mau Kuliah di Unand tapi Tak Lulus SBMPTN? Coba Ikut Masuk lewat Jalur Ini

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Sebanyak 2.936 calon mahasiswa baru lulus lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Unibersitas Andalas (Unand).

Sementara itu, jumlah total peserta SBMPTN yang mendaftar mencapai 34.782 peserta.

“Bagi yang belum lulus jangan patah semangat, karena SBMPTN bukan satu-satunya jalur untuk masuk ke perguruan tinggi, masih ada kesempatan belajar di Unand melalui jalur SIMA,” kata Wakil Rektor I Unand Prof. Mansyurdin, Kamis (23/6/2022).

SIMA Unand yang sebelumnya dikenal dengan penerimaan Mandiri, terbagi dalam lima jalur.

Staf Ahli bidang Akademik Unand Dr. Syofyan menjelaskan, lima jalur SIMA Unand adalah SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, SIMA Disabilitas, SIMA Akademik dan SIMA Internasional.

Ia mengungkapkan, SIMA Akademik terbagi dua lagi, yakni SIMA Akademik Nilai Ujian dan SIMA Akademik UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

“Bagi siswa Lulusan 2020, 2021 dan 2022 yang tidak memiliki nilai UTBK dan merasa kurang yakin dengan hasil nilai UTBK-nya dapat mengikuti seleksi jalur ini,” ujarnya.

Lalu, pelaksanaan SIMA Akademik Nilai Ujian, sama seperti pelaksanaan UTBK yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Penyelenggaraan SIMA ini juga sudah dikerjasamakan dengan pihak LTMPT dan juga akan diawasi langsung,” ungkapnya.

Pelaksanaan SIMA Akademik Nilai Ujian ini akan dilaksanakan di kampus Unand pada 27-28 Juni 2022 mendatang dan pengumuman hasil pada 6 Juli 2022. Kemudian pendaftaran ulang pada 8 – 15 Juli 2022.

“Untuk SIMA Akademik Nilai UTBK pendaftarannya baru akan dibuka setelah pengumuman hasil UTBK diumumkan oleh LTMPT yakni pada tanggal 28 Juni 2022,” ujarnya.

Bagi calon mahasiswa yang ingin mengetahui informasi terkait penerimaan mahasiswa dapat mengunjungi laman https://pmb.unand.ac.id, dan link pendaftaran SIMA https://pmbm.unand.ac.id.

Baca juga: 2.936 Peserta Lulus SBMPTN di Unand, Ini 5 Prodi Paling Banyak Peminat

Atau juga bisa dengan mengikuti informasi melalui media sosial resmi Unand di instagram, facebook, dan twitter dengan nama akun @unandofficial. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist