Masyarakat Sumbar Paling Tidak Patuh Pakai Masker, Jasman: Penanganan Covid-19 Kok Dilombakan

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) kembali jadi sorotan nasional terkait Covid-19. Kali ini, Sumbar bersama 2 provinsi lainnya menjadi yang terendah tingkat kepatuhan masyarakatnya dalam memakai masker dan menjaga jarak.

Data kepatuhan warga menggunakan masker dan menjaga jarak ini diungkap Satgas Penanganan Covid-19. Tingkat kepatuhan protokol kesehatan ini dinilai berdasarkan desa dan kelurahan tiap provinsi.

Satgas menyebut Gorontalo menjadi daerah yang memiliki kelurahan dan desa yang paling banyak tidak patuh menjalankan protokol kesehatan ini.

“Jadi tiga provinsi dengan kepatuhan memakai masker rendah adalah Gorontalo, Sumatra Barat, Maluku Utara. Sedangkan untuk jaga jarak, ini mirip, cuma bedanya Maluku Utara naik jadi peringkat kedua, Sumatra Barat jadi peringkat ketiga,” kata Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah dalam siaran YouTube BNPB, Rabu (4/8/2021).

Ia merinci, 3 provinsi dengan kepatuhan terendah pakai masker dari desa/kelurahannya adalah Gorontalo 70,24 %, kemudian Sumbar 59% dan Maluku Utara, 53,33%. Sementara dalam kepatuhan menjaga jarak Gorontalo 71,43%, Maluku Utara 60% dan Sumbar 56,32%.

Dewi mengatakan ada sembilan provinsi yang mengalami penurunan kepatuhan dalam menggunakan masker. Sementara itu, perluasan desa dan kelurahan yang tak patuh menjaga jarak sebanyak delapan provinsi.

“Kalau kita evaluasi, beda pekan ini dan pekan sebelumnya ada 9 provinsi dengan perluasan wilayah dengan kepatuhan yang rendah. Sedangkan untuk jaga jarak bertambah 8 provinsi perluasan kelurahan atau desa yang bertambah ketidakpatuhannya,” jelasnya.

 

Terpopuler