Masuk Nominasi IGA Award 2022, Gubernur Sumbar Dorong OPD Berinovasi Lebih Banyak

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah terpilih menjadi salah satu nominator penerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022.

Bersama enam nominator lainnya yakni Sumatera Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat dan Bali, orang nomor satu di Sumbar ini memaparkan sejumlah inovasi yang menjadi unggulan daerahnya.

Presentasi tersebut dilaksanakan secara daring dan luring dari Ruang Sidang Utama (RSU) Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Senin, (21/11/2022) kemarin.

“Kita akan mendorong seluruh OPD bisa menghasilkan minimal empati inovasi pertahun. Dengan banyaknya dan hadirnya inovasi akan bisa menghadirkan manfaat dan kebaikan yang banyak juga kepada masyarakat,” ungkapnya dilansir Selasa (22/11/2022).

Ia juga mengungkapkan, dengan adanya tanggung jawab menghadirkan inovasi ini, juga mendorong OPD tau bagaimana situasi di lapangan, dapat melihat kehidupan masyarakatnya sehingga nantinya inovasi yang dihadirkan mampu jadi solusi atas permasalahan mereka (masyarakat).

“Dengan menghadirkan kemudahan bagi masyarakat akan berdampak banyak seperti dapat mengurangi cost pemerintah daerah, mempersingkat jarak serta waktu dan juga mengurangi pembiayaan masyarakat. Intinya, inovasi harus memberikan kemudahan pada masyarakat dan menjawab permasalahan yang ada di tengah mereka,” terangnya.

Ia juga akan menyambut baik segala macam inovasi yang akan segera diluncurkan.

“Mudah-mudahan dengan banyaknya inovasi akan meningkatkan dan mempercepat pelayanan pada masyarakat Sumatra Barat,” pungkas nya.

Sementara itu, Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri Yusharto Huntoyungo mengungkapkan, penilaian inovasi daerah dan pemberian IGA memiliki 4 tahapan.

“Pertama adalah tahap penjaringan, lalu pengukuran, dilanjutkan presentasi kepala daerah dan tahap peninjauan lapangan,” terangnya.

Saat ini, Innovative Government Award (IGA) 2022 telah memasuki babak penilaian presentasi kepala daerah terinovatif.

Baca Juga : Ditemani Gubernur Mahyeldi Sepanjang Tablig Akbar, Buya Yahya Bahas Soal Cinta

Tim Penilaian Inovatif Government Award (IGA ) diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. [hdp]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist