Masuk Kawasan Kumuh, 133 KK di Jorong Dani Nagari Padang Ganting Dapat Bantuan WC

Penulis: Agg

Berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini: Bantuan WC untuk 133 KK di Jorong Dani Nagari Padang Ganting.

Batusangkar, Padangkita.com – Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di tengah masyarakat mesti didukung oleh sarana jamban (WC/toilet) berikut dengan kelengkapan septic tank.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian didampingi Kabag Adiministrasi Pembangunan Setdakab Tanah Datar Andi Maqbul ketika melakukan monitoring pelaksanaan Program Pengelolaan Pengembangan Sistem Air Limbah di Jorong Rajo Dani, Nagari Padang Ganting, Kecamatan Padang Ganting, Selasa (27/04/2021).

“Salah satu upaya menuju ke arah berperilaku sehat adalah memiliki sarana jamban memadai dan sehat. Alhamdulillah Jorong Rajo Dani mendapatkan program hibah pengelolaan air limbah tahun ini dan tentu peruntukan program ini telah disesuaikan skala prioritas,” katanya.

Karena itu, harap Richi Aprian, kepada masyarakat yang menerima program itu selalu menjaga fasilitas yang telah dibangun.

“Program ini tentu akan menjadikan masyarakat lebih higienis dan bisa hidup sehat, karena itu manfaatkan fasilitas ini dengan maksimal, dijaga dan tingkatkan sanitasinya serta kelengkapan air bersihnya,” ujar Richi.

Richi berharap dalam pengerjaan fisik pembuatan WC, septic tank atau sanitasi lainnya melibatkan pemuda dan masyarakat setempat.

“Tentu dengan keterlibatan pemuda atau masyarakat secara langsung, rasa memiliki akan semakin tinggi, di samping itu tentunya juga bisa menambah pendapatannya,” tukas Richi.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas PU Tanah Datar Lovely Harman Z didampingi Kasi Air dan Penyehatan Lingkungan Busnika Hamidi mengungkapkan, Jorong Rajo Dani, Kecamatan Padang Ganting memperoleh program hibah sesuai SK Bupati soal kawasan kumuh.

“SK Bupati yang diterbitkan atas hasil survei lapangan dan penilaian tim verifikator menjadikan Jorong Rajo ini termasuk daerah kumuh dan menjadi prioritas kedua untuk pelaksanaan program ini. Tahun ini memperoleh bantuan untuk 133 rumah,” ujarnya.

Terpopuler