Berita

Masuk 75 Besar ADWI 2023, Kemenparekraf Kunjungi Desa Wisata Lawang 

×

Masuk 75 Besar ADWI 2023, Kemenparekraf Kunjungi Desa Wisata Lawang 

Sebarkan artikel ini
paralayangd i puncak Lawang adalah salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara. [Foto :jadesta.kemenparekraf.go.id]

Lubuk Basung, Padangkita.com – Sukses menebus 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, desa wisata Lawang, Nagari Lawang, Kecamatan Matur menerima kunjungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Diwakili Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua, kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka penilaian 75 besar ADWI 2023.

Pada kesempatan tersebut, Indra Ni Tua mengungkapkan, Desa Wisata Lawang merupakan destinasi yang sangat menarik. Dari 4.573 desa, Desa Wisata Lawang berhasil masuk kategori 75 besar.

“Lawang ini memiliki daya tarik, kebudayaan, dan keramahan serta anak muda yang masih menghargai budaya. Ini merupakan suatu keunikan luar biasa yang bisa dikembangkan termasuk paralayang, makanan dan budayanya, tinggal bagaimana kita mengemasnya dengan baik,” sebut Indra dikutip Sabtu (13/5/2023).

Selanjutnya, ia mengapresiasi Desa Wisata Lawang dimana menurutnya, pariwisata Indonesia 95% merupakan alam dan budaya. Lawang sudah mempunyai itu.

Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman yang menyambut langsung kedatangan perwakilan Kemenparekraf mengucapkan selamat datang kepada tim penilai.

“Semoga dengan kehadiran tim penilai memberikan nilai plus bagi Destinasi Wisata Lawang,” harapnya.

Lebih lanjut dirinya berharap, dengan masuk 75 besar, Desa Wisata Lawang dapat mendorong peningkatan kunjungan destinasi wisata ke Kabupatan Agam.

“Sebab, jika kunjungan wisata meningkat, maka ekonomi masyarakat juga akan meningkat. Untuk itu, mudah-mudahan Agam meraih rangking terbaik,” ungkapnya.

Dalam visitasi ini Kemenparekraf memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Agam, kemudian menyerahkan perangkat laptop kepada Pokdarwis Manih Sarumpun Nagari Lawang untuk pengembangan promosi wisata secara digitalisasi.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan, tinjauan Direktur dan Bupati Agam beserta rombongan mencicipi kuliner khas Lawang seperti air tabu, lamang, tumbang, nasi tanguli, kapelo bauwok dan kunjungan stand UMKM kerajinan serta ditutup dengan foto bersama.

Sebelumnya, pada tahapan 75 besar ADWI 2023, lima desa wisata dari Sumatra Barat berhasil masuk dan menjadi yang terbanyak di wilayah Pulau Sumatra.

Baca JugaKeren, Lima Desa Wisata dari Sumatra Barat Lolos 75 Besar ADWI 2023 

Lima desa wisata terbaik dari Sumatra Barat yang berhasil masuk 75 besar ADWI 2023 diantaranya Desa Wisata dari Kabupaten Padang Pariaman, Desa Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Desa Wisata Puncak Lawang dari Agam, Desa Wisata Kubu Gadang dari Padang Panjang dan Desa Wisata Muntei dari Kabupaten Kepulauan Mentawai. [*/hdp]