Mardison Mahyuddin: Sampah Bisa Majukan Ekonomi Masyarakat

Penulis: Ramono Aryo

Pariaman, Padangkita.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin menyatakan pentingnya mengelola sampah dengan baik dan sempurna. Selain berguna untuk kebersihan dan kesehatan, sampah juga bisa bernilai ekonomi bagi masyarakat.

Ia mengatakan Pemko Pariaman terus memberi fasilitas dan mendorong kepada generasi muda untuk nmengolah sampah agar bermanfaat bagi ekonomi masyarakat sekitar.

Baca Juga

“Kami memberi penghargaan dan mengapresiasi yang tergabung dalam Bank Sampah Tunas Muda Kelurahan Jawi-Jawi II,“ kata Mardison, Jumat (23/10/2020).

Plt wali Kota berharap selalu ada inovasi untuk mengatasi permasalah sampah tersebut. Menurutnya sampah tidak hanya menjadi persoalan rumah tangga saja tetapi telah menjadi masalah nasional.

“Hal ini patut dicarikan solusinya bagaimana cara memanfaatkan sampah untuk memajukan ekonomi masyarakat dan diharapkan masyarakat itu sendiri yang mengelola sampah secara komprehensif dan terpadu,” tambahnya.

Ia menambahkan bahwa ini merupakan sebuah langkah maju bagi generasi muda yang tergabung dalam kelompok Bank Sampah Tunas Muda Kelurahan Jawi-Jawi II yang selalu berinovasi tentang bagaimana pentingnya sampah ini dikelola dengan baik.

“Langkah maju dari mereka terus dipacu dengan melakukan pendidikan kepada generasi milenial untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya ekoenzim ini, karena pengelolaan sampah-sampah organik yang menggunakan alat-alat sederhana,” tambahnya.

Baca Juga: Kajari Pariaman Musnahkan Barang Bukti Atas 17 Perkara Pidana

Mardison Mahyuddin juga menghimbau kepada seluruh LPM, karang taruna dan generasi milenial di desa dan kelurahan yang ada di Kota Pariaman untuk memacu semangat untuk menjadikan sampah sebagai sahabat jangan sampai diabaikan karena akan menjadi penyakit. [abe]

Terpopuler