Maksimalkan Potensi Wisata, Disparpora Pessel Bentuk Komunitas Desa Wisata

Penulis: Zulfikar Efendi

Painan, Padangkita.com – Upaya memaksimalkan potensi pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) membentuk Komunitas Desa Wisata.

Komunitas Desa Wisata itu dibentuk agar potensi wisata yang ada di masing-masing nagari dapat digali dan dimaksimalkan pemanfaatnnya.

Kepala Disparpora Pesel, Hadi Susilo mengatakan, komunitas memang penting dibentuk agar potensi, khususnya pariwisata bisa terkelola dengan baik.

“Kita butuh kreatifitas dan inovasi untuk bisa menciptakan suatu yang berbeda di kawasan wisata, sehingga menimbulkan minat bagi wisatawan untuk tinggal lama,” ujar Hadi, Kamis (9/9/2021).

Menurut Hadi, Pokdarwis yang ada di Pessel harus banyak belajar ke Desa Wisata Kubu Gadang karena banyak kelebihan yang dimiliki desa tersebut, baik itu SDM hingga pengemasan potensi yang bisa diminati oleh wisatawan.

“Kita sangat takjub dengan pengemasan wisata di Kubu Gadang, banyak yang harus kita contoh dan tiru dan dimodifikasikan ke desa wisata yang ada di Pesisir Selatan ini,” paparnya.

Bahkan, kata Hadi, Dana Desa yang dikucurkan bisa dimanfaatkan untuk pengelolaan atau membangun destinasi wisata.

Lebih lanjut dikatakan Hadi, untuk membuat desa wisata itu tidaklah sulit, galilah potensi wisata yang ada sesuai kearifan lokal masing-masing.

“Setiap desa pasti memiliki keunggulan, baik dari segi sumber daya alam ataupun sumber daya manusianya,” paparnya.

Baca juga: Pesisir Selatan Buka Lelang Jabatan Sekda hingga 14 September 2021

Bahkan, ucap Hadi, adanya desa wisata, kebudayaan masyarakat bisa lebih berkembang, sanggar-sanggar budaya juga bisa terus hidup dan berkembang. [*/zfk]

Terpopuler