Makan Bersama di Pinggir Sungai, Empat Lansia di Padang Nyaris Diseret Air Bah

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Empat orang lansia nyaris diseret air bah di Pemandian Lori Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang pada Rabu (27/1/2021) sore

Padang, Padangkita.com – Empat orang lansia nyaris diseret air bah di Pemandian Lori Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang pada Rabu (27/1/2021) sore. Sebelum kejadian mereka sempat makan bersama di pinggir sungai.

Para korban yang diketahui nyaris dibawa air bah akibat hujan deras yang melanda sebagian besar wilayah di Kota Padang tersebut bernama Desnawati, 67 tahun, Yenti Suhenti, 58 tahun, Milah, 55 tahun, dan Jono, 57 tahun.

“Kami dapat informasinya itu sekitar pukul 16.55 WIB. Saat kejadian itu intensitas hujan sedang, sementara ketika kami di Tempat Kejadian Perkara (TKP) ternyata air bah,” kata Dansru Tim Alpha Basarnas Padang, Yudi Riva saat dihubungi Padangkita.com via telepon.

Yudi mengatakan, empat korban itu merupakan orang tua dengan rincian tiga perempuan dan satu laki-laki. Sebelum kejadian, kata Yudi, para lansia tersebut sedang berada disana.

“Mereka sebelumnya ada semacam kumpul-kumpul gitulah, katanya sempat makan-makan, mungkin dari siang mereka disana, kejadian ini sempat membuat mereka syok juga,” katanya.

Untuk proses evakuasi, pihaknya menerjunkan sebanyak 10 orang petugas dari Basarnas Padang dengan dibantu dari unsur TNI, Polri, BPBD, dan masyarakat setempat.

Yudi mengatakan, proses evakuasi para korban dari TKP ke daratan terdekat menggunakan tali besi dan peralatan metal lainnya. Pasalnya, kondisi air bah yang sangat besar tidak memungkinkan para orang tua itu dibawa menggunakan perahu karet.

Baca Juga: 4 Kelurahan di Bungus Teluk Kabung Padang Diterjang Banjir, Air Genangi Seratusan Rumah

“Perahu karet akan hanyut terbawa (air bah) jika kami tetap gunakan itu. Jarak antara TKP ke titik evakuasi ada sekitar tujuh hingga 10 meter. Sementara dari jarak rumah penduduk setempat sekitar lima kilo meter, sekitar itu,” ujarnya. [abe]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist