Maju di Pilgub Sumbar, Edriana Komit Gerakkan Milenial Sumbar Bertani

Padang, Padangkita.com – Sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang menjadi perhatian oleh Kandidat Gubernur Sumatra Barat, Edriana selain peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan pariwisata. Edriana berkomitmen untuk fokus meningkatkan nilai tambah komoditi pertanian dan mengkampanyekan Gerakan Milenial Sumbar Bertani.

Menurut Edriana, meningkatkan nilai tambah sektor pertanian dapat dilakukan melalui perbaikan produktivitas di sektor pertanian serta mendirikan pabrik-pabrik pengolahan hasil pertanian.

Kemudian, dia menilai perlu dibuat Perda untuk pengelolaan lahan tidur agar dimanfaatkan sehingga punya nilai ekonomi. Secara nasional pengelolaan lahan tidur ini sudah ada payung hukumnya.

“Lalu dalam perda perlu juga diatur agar pemilik lahan ulayat sebagai bagian pemilik saham, polanya hasil konversi nilai lahan ulayat tanpa jual beli terhadap investasi padat modal karya melalui regulasi sehingga terciptanya kepastian hukum investasi,” ujar Direktur Program di Women Research Instute (WRI) ini.

Di sisi lain, menurutnya di sektor pertanian perlu dilakukan perbaikan sistem distribusi input-input pertanian seperti penyediaan pupuk, bibit unggul dan ketersediaan pestisida serta penanganan paska panen.

Kemudian, Edriana akan memprioritaskan kampanye Gerakan Milenial Sumbar Bertani. Penanaman pemahaman kepada orangtua dan anak bahwa sukses itu bukan di Jawa, tapi di negeri sendiri. Jadi, petani milenial ini nanti yang mengembangkan usaha industri pertanian berbasis teknologi.

Utuk mewujudkan itu, bisa dilakukan dengan menjaring mahasiswa pertanian terbaik di tiap perguruan tinggi dengan sistem kontrak kerja membangun pertanian berbasis holtikultura.

“Bisa juga dalalam bentuk beasiswa, riset, dan studi lapangan. Kita juga akan membangun sister city dengan daerah pertanian yang maju. Ini diyakini akan memberikan nilai lebih pada hasil pertanian dengan mendirikan pabrik-pabrik pengolahan hasil pertanian berbasis teknologi,” ulasnya.

Program ini menurut Edriana sudah dia tawarkan ketika menyampaikan visi misi di DPD Gerindra Sumbar akhir Januari lalu. Ditanya kesiapannya maju di Pilgub Sumbar, Edriana mengatakan selain mendaftar ke beberapa partai politik, dirinya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai program. (pk-04)


Baca berita Sumatra Barat terbaru dan Pilgub Sumbar 2020 hanya di Padangkita.com

Terpopuler