Mahasiswa Tanah Datar yang Lulus PTN Dapat Bantuan Maksimal Rp5 juta

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar menyalurkan bantuan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021.

Bantuan pendidikan dengan total Rp708.000.000 ini, diserahkan secara simbolis kepada 339 calon mahasiswa asal Tanah Datar yang berhasil masuk di sejumlah PTN, di aula kantor Camat Lima Kaum, Selasa (13/7/2021).

Ketua Baznas Kabupaten Tanah Datar Yasmansyah menyebutkan, bantuan biaya pendidikan ini diserahkan setelah melalui proses seleksi yang dilakukan oleh Baznas sejak bulan April lalu. Besarnya bantuan maksimal sebesar Rp5.000.000 per calon mahasiswa.

“Apabila ada calon mahasiswa yang UKT (uang kuliah tunggal) nya melebihi Rp5 juta maka bantuannya tetap Rp5 juta, sementara yang UKT-nya kurang dari Rp5 juta maka bantuan yang diberikan sebesar Rp1,5 juta. Artinya bantuan maksimal pendidikan ini memang diberikan paling tinggi sebesar Rp5 juta,” ujar Yasmansyah.

Ia menyeburkan, untuk mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, maka pada bulan Agustus mendatang Baznas juga akan meluncurkan bantuan pendidikan untuk keluarga yang kurang mampu bagi siswa mulai tingkat SD, SMP dan SMA.

Yasmansyah menjelaskan, selain program bantuan biaya pendidikan Baznas Tanah Datar juga segera meluncurkan program yang diberi nama Bantuan Mikro Desa (BMD).

“Program BMD ini akan segera kami luncurkan guna membantu pemerintah daerah dalam memberantas rentenir di Tanah Datar,” terang Yasmansyah.

Tidak sampai disitu, Baznas Tanah Datar pada tahun 2021 ini juga memiliki program rehab rumah bagi keluarga miskin. Dalam program ini, Baznas akan memberikan bantuan rehab rumah sebanyak 3 unit per kecamatan.

Baca juga: Kata Bupati Eka Putra, 12.439 Rumah Warga di Tanah Datar Tak Layak Huni
Sementara Bupati Tanah Datar yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Baznas atas segala ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang diberikan dalam menumbuhkembangkan dunia pendidikan di Kabupaten Tanah Datar. (agg/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist