Macan Dahan Masuk Rumah Warga Pasbar Sejak Siang, Berhasil Dievakuasi Saat Buka Puasa

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Seekor macan dahan masuk ke rumah seorang warga di Pasaman Barat (Pasbar).

Simpamg Empat, Padangkita.com – Seekor macan dahan atau dengan nama latin Neofelis Diardi Diardi masuk ke rumah seorang warga di Rimbo Batu, Jorong Koto Padang, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Pasaman Barat (Pasbar) pada Rabu (28/4/2021).

Awalnya, macan dahan itu masuk ke rumah warga sekitar pukul 12.30 WIB. Namun, pemilik rumah tidak menyangka bahwa hewan yang masuk ke rumahnya itu macan dahan.

Pengendali Ekosistem Hewan (PEH) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Ade Putra mengatakan, macan dahan yang masuk ke rumah warga itu sudah berhasil dievakuasi sekitar pukul 18.30 WIB.

“Kita berhasil mengevakuasinya sekitar pukul 18.30 WIB dan saat ini kita sudah dalam perjalanan menuju KSDA Agam,” ujar Ade kepada Padangkita.com, Rabu (28/4/2021) malam.

Menurut Ade, informasi adanya macan dahan masuk rumah warga didapat dari petugas Puskeswan Kinali.

“Kita dapat info dari petugas Puskeswan Kinali, bahwa ada seekor hewan yang diduga macan dahan masuk ke rumah warga atas nama Unan, 34 tahun. Makanya kita langsung ke lokasi untuk memastikan hal itu,” jelas Ade.

Lalu, sampai di lokasi, kata Ade, pihaknya langsung mengevakuasi macan dahan tersebut, ia juga dibantu Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan warga sekitar.

“Sekitar tiga jam lebih kita mengevakuasi satwa langka itu, karena posisinya berada di dalam kamar mandi,” ungkap Ade.

Baca juga: Macan Dahan Luka Parah Usai Terkena Jerat di Salimpaung Tanah Datar, BKSDA: Dirawat sebelum Dilepasliarkan

Setelah ini, jelas Ade, Macan Dahan yang sudah berhasil dievakuasi itu akan diobservasi terlebih dahulu di kantor KSDA Agam di Lubuk Basung, kemudian akan dilepasliarkan ke Hutan Suaka Margasatwa. [zfk]


Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler