Longsor Timbun Jalan Utama di Talamau, Puluhan Warga Terjebak Tak Bisa Pulang Sejak Sore

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Jalan utama dari Bateh Samuik menuju Tombang Mudiak di Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat (Pasbar) putus akibat longsor yang menimbun seluruh badan jalan sejak Rabu (18/8/2021) sore.

“Masyarakat kita yang tadi sore pulang dari Pasar Talu tidak bisa lewat akibat jalan tertimbun longsor dan jalan itu adalah satu-satunya akses menuju Jorong Tombang,” kata Kepala Jorong Tombang, Apil Kasman saat dikonfirmasi Padangkita.com, Rabu (18/8/2021) malam sekitar pukul 18.30 WIB.

Ia menyebutkan, saat ini masih banyak warganya yang terjebak di dekat lokasi longsor dan pihaknya masih menunggu bantuan alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pasaman Barat untuk membersihkan material.

“Sampai saat ini kita belum bisa mengecek ke lokasi kejadian, karena kondisi memang hujan. Tadi kita dapat informasi dari tukang ojek, bahwa terjadi longsor,” ujarnya.

Akibat dari kejadian ini, kata Apil Kasman, banyak warga yang memutuskan untuk kembali ke kampung yang berada di bawah lokasi kejadian untuk sementara berteduh hingga jalan bisa dilalui.

“Lokasi ini juga jauh dari permukiman warga, jadi kita sedikit kesulitan untuk bisa melihat kondisi. Namun kita sudah mengimbau kepada warga agar tidak memaksakan diri untuk melewati longsor tersebut karena ditakutkan akan terjadi longsor susulan,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Mulyadi salah seorang pegawai Dinas PUPR Pasbar mengatakan pihaknya sedang bersiap-siap untuk berangkat ke lokasi longsor dengan membawa alat berat.

“Kami sekarang tengah bersiap-siap untuk ke lokasi longsor dengan membawa alat berat untuk membersihkan material yang menutupi jalan masyarakat,” ujarnya singkat.

Baca juga: Kementerian PUPR Kebut Pembangunan Jalan Akses Pelabuhan Teluk Tapang-Bunga Tanjung

Hingga berita ini disusun, masyarakat masih terjebak di sekitar longsor akibat tidak bisa melewati akses jalan. (rom/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist