Lima Sekolah PAUD di Pesisir Selatan Terima Bantuan TIK Kemendikbud 

Penulis: Isran Bastian

Painan, Padangkita.com – Sebanyak 5 sekolah penggerak jejang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terima bantuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud), Senin (18/7/2022).

Diberikan melalui  Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, bantuan ini berupa peralatan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kepala Disdikbud Pessel, Salim Muhaimin mengatakan, bantuan tersebut diberikan  berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi di lapangan, yang menunjukkan masih banyak lembaga PAUD yang belum dapat memberikan layanan pendidikan yang ideal karena masih belum dimilikinya perangkat TIK.

Penyediaan sarana dan prasarana sangat penting diwujudkan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan anak usia dini. Salah satu sarana pendidikan yang dinilai mampu meningkatkan layanan dan menjadi kendala bagi satuan PAUD adalah perangkat TIK.

Ia menambahkan, bantuan ini merupakan bagian dari strategi untuk mendukung Program Sekolah Penggerak yang diberikan kepada Sekolah Penggerak Jenjang PAUD Angkatan dua Tahun 2022.

Dalam kesempatan ini, Kabid Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Iral Maifitri mengatakan, kelima PAUD yang menerima Bantuan TIK yaitu TK Al Furqon, TK Kemuning, TK Insan Bangsa, TK Khalifah dan TK Bunga Setangkai.

Bantuan yang diterima berupa sarana peralatan TIK yang terdiri dari satu unit Chromebook Zyrex M432-1, satu unit Luna Router, satu unit Epson EB-E500 ZGA 3LCD proyector, satu unit AIO Projection Screen, dan satu unit Polytron Multimedia Audio PMA 9507/BA .

Kepada sekolah-sekolah yang mendapatkan bantuan agar dapat menggunakan dengan baik, sehingga dapat memenuhi standar pelayanan minimal dan dapat mencapai standar nasional pendidikan, serta dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia para guru dan anak didik, dan dapat mensukseskan pelaksanaan program sekolah penggerak.

“Sarana dan prasarana ini agar dijaga serta dirawat sebaik mungkin sehingga bisa bertahan lama dan memberikan manfaat kepada lebih banyak angkatan anak didik setiap tahunnya,” pesannya.

Secara terpisah, para guru di beberapa sekolah mengaku turut terbantu dengan bantuan TIK dari Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kini, mereka lebih piawai dalam mengoperasikan bantuan TIK yang mendukung kegiatan belajar mengajar.

Baca Juga: Unand Bantu Pemkab Pessel Wujudkan Misi Utama Bupati

“Kami para guru sangat terbantu dengan adanya bantuan TIK ini, karena membantu banyak hal apalagi bekerja menggunakan akun belajar.id sangat sinkron. Perangkat yang diberikan sangat mendukung untuk berbagai aplikasi dalam proses belajar,” ujar Lidia yang merupakan salah seorang kepala sekolah. [amn/isr]

Terpopuler

Add New Playlist