Ledakkan Kasus Covid-19 Tanah Datar Dipicu Omicron, Probable Kini 72 Orang 

Penulis: Isran Bastian

Batusangkar, Padangkita.com – Kabupaten Tanah Datar terus mencatatkan tambahan kasus baru Covid-19. Dari 50 kasus baru yang dilaporkan hari ini, Minggu (20/2/2022), 3 diantaranya merupakan varian omicron. Dinas kesehatan setempat melaporkan, kasus Covid-19 di daerah itu meningkat tajam karena diperburuk penularan varian omicron.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita Zedrianis mengungkapkan, semenjak kemunculan kembali pada 27 Januari 2022, sampai saat ini sudah mencapai 237 kasus terkonfirmasi positif. Dari total tersebut ungkap dia, omicron menjangkit 72 orang Probable (diperkirakan) terpapar varian Omicron dari sampel yang dikirimkan dinas Kesehatan.

“Sampel yang kita kirim ke laboratorium Unand Padang sebanyak 652 sampel, dengan hasil 237 kasus positif, dimana 72 kasus diantaranya probable varian Omicron,” katanya kepada Padangkita.com, Minggu (20/2/2022).

Dikatakan Yesrita, dari 237 kasus terkonfirmasi, sebanyak 29 orang dirawat, 206 Isolasi mandiri dan 2 orang sembuh. Dia menilai, lonjakkan penambahan kasus Covid-19 di Tanah Datar dikarenakan varian Omicron, yang  penyebarannya relatif lebih cepat, dan pihaknya memang melakukan tracking dan pemeriksaan sampel.

Baca Juga : Hari Ini Kabupaten Tanah Datar Konfirmasi 50 Kasus Covid-19, 3 Diantaranya Omicron 

“Tingginya kasus, disebabkan karena kita melakukan tracking dan pemeriksaan sampel. Ini harus dilakukan, agar yang terpapar kita ketahui keberadaannya dan lakukan langkah pengobatan serta langkah antisipasi penyebarannya,” ujar Yesrita. [djp/isr]

Terpopuler

Add New Playlist