Lebih Praktis dan Aman, Transaksi GoPay Kini Cukup Pakai Sidik Jari

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – GoPay baru saja mengumumkan kehadiran fitur biometrik sidik jari dan pengenalan wajah untuk melakukan verifikasi transaksi di luar layanan Gojek. Fitur ini disebut menjadi bagian dari Gojek SHIELD, yaitu rangkaian teknologi keamanan di aplikasi Gojek.

Saat ini, fitur biometrik sidik jari sudah tersedia untuk seluruh pengguna Android dan iOS. Namun untuk fitur pengenalan wajah, pengguna iOS saja yang baru dapat menggunakannya.

“Selain PIN, pengguna dapat memanfaatkan fitur identifikasi biometrik atau karakteristik fisiologis unik tiap pengguna berupa sidik jari atau wajah guna meningkatkan keamanan transaksi,” tutur Managing Director GoPay , Budi Gandasoebrata, dalam keterangan resmi, Kamis (10/9/2020).

Dengan kehadiran fitur ini, Budi berharap pengguna dapat bertransaksi di GoPay secara lebih maksimal. Terlebih, ada jaminan saldo GoPay kembali untuk kehilangan yang terjadi di luar kendali pengguna.

Untuk itu, bagi kamu pengguna GoPay yang menjajal fitur ini perlu memperbarui aplikasi ke versi terkini terlebih dulu. Lalu, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Dari halaman GoPay, kamu tinggal mengklik opsi Lainnya.
  2. Setelah itu, pilih pengaturan dan klik ID Sidik Jari.
  3. Masukkan PIN.
  4. Beri izin mengaktifkan fitur ID Sidik Jari dan kamu langsung dapat memanfaatkannya.

Sementara untuk mengakses fitur ini dari halaman transaksi pembayaran, berikut ini ada beberapa langkahnya:

Baca juga: iPhone 12 Siap Meluncur 15 September 2020

  1. Setelah menyelesaikan transaksi memakai GoPay, akan muncul opsi notifikasi pengaktifkan ID Sidik Jari
  2. Lalu, klik ‘Izinkan Sekarang’ untuk mengaktifkan fitur ini.

Lalu untuk pengguna iOS, cek langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka opsi “Setting” dan klik “Touch ID & Passcode”
  2. Masukkan password
  3. Pilih “Add a Fingerprint” dan ikuti instruksi
  4. Masih di opsi “Setting”, kamu tinggal aktifkan Touch ID untuk aplikasi Gojek dan fitur ini langsung aktif.

Sebelumnya, Gopay juga mengumumkan telah memiliki fitur tarik tunai yang bisa digunakan di ATM BCA di seluruh Indonesia. Hal ini terselenggara atas kerja sama antara Gopay dan BCA.

Dengan begitu, pengguna hanya butuh lima langkah mudah untuk proses tarik tunai Gopay di ATM BCA. Untuk mengetahuinya, berikut ini langkah-langkah penarik saldo GoPay di ATM BCA:

1. Klik menu GoPay Lainnya di aplikasi Gojek

2. Pilih fitur Tarik Tunai

3. Masukkan jumlah nominal saldo GoPay yang ingin ditarik

4. Lakukan otentikasi dengan PIN.

5. Setelah otentikasi, pelanggan akan menerima 6-digit kode transaksi yang dapat langsung digunakan untuk tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA terdekat.

6. Kode transaksi bersifat rahasia dan hanya berlaku selama 1 (satu) jam dari waktu kode tersebut diberikan.

Sementara ketika di depan ATM BCA, pengguna bisa memilih untuk bertransaksi tanpa kartu melalui menu “Transaksi Tanpa Kartu”.

Selanjutnya pengguna bisa memasukkan kode virtual account (70008 + nomor HP) kemudian kode transaksi. ATM BCA akan mengeluarkan uang tunai sesuai jumlah yang ditarik. [*/try]


Berita ini sebelumnya dimuat Liputan6.com jaringan Padangkita.com dengan judul: Verifikasi Transaksi GoPay Kini Bisa Pakai Sidik Jari