Berita

LBH GP Ansor PW Sumbar Buat Petisi Terkait Permasalahan Masyarakat Air Bangis 

×

LBH GP Ansor PW Sumbar Buat Petisi Terkait Permasalahan Masyarakat Air Bangis 

Sebarkan artikel ini
Tangkapan layar video pemulangan paksa pengunjuk rasa dari Air Bangis, yang diwarnai penangkapan, di Masjid Raya Sumbar. [Foto: Tangkapan layar video dok. YLBHI]

Padang, Padangkita.com – Permasalahan yang melanda masyarakat Air Bangis, Pasaman Barat mendorong rasa kepedulian dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda (GP) Ansor PW Sumatra Barat (Sumbar).

Ketua LBH GP Ansor Sumbar Eko Kurniawan mengungkapkan pihaknya peduli dengan persoalan konflik agraria di daerah tersebut.

“Salah satu bentuk kepedulian tersebut kami wujudkan dengan aksi membuat petisi di situs change,” ujarnya (8/8/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, masyarakat dapat mengakses langsung petisi di https://www.change.org/p/tegakkan-ham-untuk-masyarakat-air-bangih-pasaman-barat.

Dalam petisi tersebut pihaknya menjelaskan bagaimana nilai-nilai kemanusiaan jadi suatu terpenting musti diwujudkan dalam penyelesaian konflik yang sudah terjadi sejak puluhan tahun sampai hari ini.

“Sejak aksi masyarakat di depan Kantor Gubernur Sumatera Barat senin 31 juli sampai Sabtu 5 agustus 2023 yang jadi puncak pemulangan paksa oleh pihak aparat keamanan,banyak hal jadi perhatian LBH GP Ansor PW Sumbar.” sambungnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, petisi hanya merupakan bagian kampanye ke khalayak luas di dunia maya, sampai hari ini petisi tersebut telah puluhan orang yang ikut tanda tangan.

“Salah satu isi petisi kita memperjuangkan HAM. Pertama, tentu kita harapkan pemerintah perlu berhati-hati dalam menempatkan aparat keamanan dilokasi yang berkonflik, proses penyelesaian konflik agraria ini dapat dilaksanakan dengan menjunjung tinggi nilai Hak Azasi Manusia HAM.” paparnya.

Menurutnya, aksi masyarakat Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat momen untuk apresiasi pejuang Keadilan.

“Narasi kita sederhana untuk keadilan bagi semua. Maksudnya, untuk persoalan HAM kita berbuat baik ke semua golongan, tanpa pandang bulu dalam rangka advokasi kasus-kasus HAM,” terangnya.

Pihaknya menekankan, para pihak terkait musti duduk semeja, tegas dan pro nilai kemanusiaan HAM.

Baca JugaPeduli Masyarakat Air Bangis, LBH GP Ansor PW Sumbar Salurkan Bantuan 

“Seperti kutipan perjuangan Munir, membangun sebuah bangsa adalah membangun suatu peradaban.” pungkasnya. [*/hdp]