Lakukan Langkah Ini, Biar Irit Kuota Whatsapp

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Masyarakat Indonesia tampaknya lebih cenderung menggunakan Whatsapp sebagai aplikasi untuk berkomunikasi. Aplikasi yang ringan menjadi salah satu alasan warganet memilih Whatsapp untuk berkirim pesan, foto hingga video.

Namun, tak jarang juga masyarakat yang mengeluhkan aplikasi ini sering kali boros kuota internet.

Pada dasarnya, jika Whatsapp hanya digunakan untuk berbalas pesan, kuota internet yang digunakan tidaklah terlalu besar, masih dikatakan aman.

Kapasitas WhatsApp menjadi sangat boros karena kiriman video dan foto melalui aplikasi tersebut.

Agar penggunaan kuota lebih hemat, pengguna Whatsapp dapat mengganti pengunaan data internet sendiri dengan jaringan WiFi.

Namun, jika kondisinya pengguna harus memakai data internet sendiri, ada cara bijak yang dapat dilakukan untuk menghemat kuota dalam menggunakan Whatsapp.

Caranya cukup mudah, pengguna Whatsapp dapar mengatur penggunaan data saat berkirim media. Aturlah agar video dan foto tidak langsung terunduh saat pesan masuk.

Baca juga: Belum Patuhi Regulasi, Telkom Masih Blokir Netflix

Hal ini tentu akan lebih menghemat kuota, pengguna dapat memilih foto atau video apa saja yang ingin diunduh.

Berikut langkah untuk mengatur penggunaan data saat berkirim media:

Buka Setting di Whataspp untuk mengatur hal tersebut.

Cara setting WhatsApp agar hemat kuota. (HiTekno)

Selanjutnya, masuk ke pilihan ‘Data and storage usage‘ untuk mengatur kapasitas data yang akan digunakan untuk menerima atau mengirim media di WhatsApp.

Cara setting WhatsApp agar hemat kuota. (HiTekno)

Pada pengguna iOS, tampilan berikut ini akan Anda temui saat membuka fitur tersebut. Langkah selanjutnya adalah dengan mengatur pengiriman foto, audio, video dan dokumen.

Cara setting WhatsApp agar hemat kuota. (HiTekno)

Jika tidak mendesak, Anda bisa memilih pilihan ‘Never‘ untuk tidak mengunduh otomatis media yang masuk. Sedangkan pilihan ‘WiFi’ untuk mengatur media masuk hanya dapat diunduh melalui jaringan WiFi.

Namun, jika Anda cukup punya banyak kuota internet, pilihan ‘WiFi and Cellular‘ bisa Anda pilih untuk mengunduh media dalam kondisi tersambung WiFi atau menggunakan paket data biasa.

Langkah ini dipercaya lebih menghemat penggunaan kuota internet pada Whatsapp. [*/try]


Berita ini sebelumnya dimuat Suara.com jaringan Padangkita.com dengan judul: Harus Tahu, Lakukan Ini untuk Hemat Kuota di WhatsApp


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist