Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman Gelar Lomba Pramuka Siaga

Penulis: Isran Bastian

Pariaman, Padangkita.com – Kwarcab (Kwartir Cabang) 16 Pramuka Kota Pariaman, Gelar Lomba Pramuka Siaga “Gebyar Ramadhan 1443 H/2022 M”, dengan membuat kegiatan lomba keagamaan dalam mengisi bulan Ramadhan tahun yang telah memasuki hari-hari akhir ini.

Lomba ini dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) 16 Pramuka Kota Pariaman, Hendri, bertempat di Masjid Darul Ma’arif atau yang biasa disebut Masjid Tapi Air, yang berlokasi di Kelurahan Pondok II, Kecamatan Pariaman Tengah, Rabu (27/4/2022).

“Gerakan Pramuka adalah wahana penting untuk membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa, yang dimulai sejak dini, karena itu, kita menggelar kegiatan Lomba Pramuka Siaga “Gebyar Ramadhan 1443 H/2022 M”, untuk menyiapkan anak anak kita menjadi generasi yang qurani, yang memiliki karakter dan iman sedari kecil,” ujarnya.

Lebih lanjut Hendri mengatakan, kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat. Bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan saja, akan tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, dan mempunyai iman dan islam dalam hatinya, ucapnya.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat membentuk pramuka yang mempunyai kekuatan iman dan islam yang kuat, yang dimulai sejak dini, sesuai dengan nilai – nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, sehingga ketika mereka dewasa nanti, akan menjadi anak-anak yang berkarakter islami,” tuturnya.

Kakwarcab 16 Pramuka Pariaman yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kota Pariama  ini juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan Giat pertama Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman, setelah ia dilantik pada 14 Agustus 2021 yang lalu.

“Kegiatan ini atau Lomba Pramuka Siaga yang kita lakukan hari ini, akan menjadi agenda tetap dan akan kita adakan setiap tahun di bulan ramadhan, sehingga akan mengasah kemampuan anak-anak siaga Kota Pariaman, dalam lomba keagamaan,” tukansya.

Hendri juga mengatakan bahwa Lomba ini, nantinya dapat sebagai pencari bibit sejak dini dari Pramuka Siaga untuk menghadapi lomba-lomba yang akan mereka ikuti di tingkat Kota Pariaman, dan juga sebagai bekal ilmu dan iman bagi, mereka ketika mereka dewasa nanti, ulasnya.

Baca Juga: 3.126 Pohon Ditanam untuk Penguatan Vegetasi Pantai Kota Pariaman, 2,5 Hektare di Desa Mangung 

“Dalam Lomba Pramuka Siaga ini, ada 4 cabang lomba keagamaan yang kita buat, yaitu Lomba Tahfizh, Lomba MTQ, Lomba Tartil dan Lomba Adzan, dan setelah penutupan pendaftaran, tercatat ada 98 peserta Pramuka Siaga yang berasal dari 48 sekolah SD se Kota Pariaman, yang mengikuti kegiatan ini,” tutupnya. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist