Kunjungan Wisatawan China ke Tanah Datar Batal

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan agen perjalanan yang memfasilitasi perjalanan wisatawan China ke Sumatera Barat (Sumbar) sepakat membatalkan kunjungan ke Kabupaten Tanah Datar yang dijadwalkan Senin (27/1/2020).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar, Abdul Hakim mengatakan, sedianya para wisatawan itu selama di Tanah Datar alan mengunjungi Istano Basa Pagaruyung, menyaksikan pacu jawi dan dijamu makan siang oleh Bupati Tanah Datar di Ibdo Jalito.

“Menyikapi kondisi terkini, terkait kekhawatiran masyarakat terhadap ancaman virus corona, Pemkab dan agen perjalanan sepakat membatalkan agenda ke Tanah Datar,” ujar Abdul Hakim.

“Pembatalan itu tidak sepihak, melainkan kesepakatan berdua antara agen dan kita (pemerintah Tanah Datar),” ucap Abdul Hakim.

Lebih lanjut ia mengatakan jika sebelum dilakukan kesepakatan pembatalan bersama itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi telah terlebih dahulu meminta pertimbangan kepada berbagai pihak.

Baca juga: Perantau Berdarah Minang di Wuhan Mohon Doa Masyarakat Indonesia

“Rapat digelar pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB. Kekhawatiran terkait virus corona ini bukan hanya terjadi di Tanah Datar, namun Sumatera Barat,” jelasnya.