Kota Pariaman Jadi Tuan Rumah Pelatihan Wasit dan Juri untuk Pomnas

Penulis: Redaksi

Pariaman, Padangkita.com – Kota Pariaman dipilih menjadi tuan rumah untuk pelatihan wasit dan juri se-Sumatra Barat (Sumbar). Kegiatan itu menyongsong Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) yang akan digelar tahun 2022.

Sementara, untuk pelatihan wasit dan juri Keluarga Besar Tarung Derajat (Kodrat) dilaksanakan di Lantai 3 Plaza Pariaman, Minggu (5/12/2021).

Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengapresiasi dan sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Provinsi (Pengprov) Kodrat yang telah menunjuk Kota Pariaman sebagai tuan rumah pelatihan wasit dan juri.

“Ini untuk pertama kalianya Kota Pariaman menjadi daerah yang ditunjuk sebagai tempat pelatihan wasit dan juri kodrat se-Sumbar. Pelatihan ini hendaknya mampu mewujudkan wasit/juri yang terlatih dan kompetitif box dalam melakukan penilaian saat kompetisi kodrat daerah maupun nasional, khususnya nanti pada Pomnas 2022,” ujar Genius Umar.

Menurut Genius, beberapa akhir pekan ini, Kota Pariaman telah sukses melaksanakan kegiatan perlombaan, khususnya di bidang olahraga.

Bahkan, lanjut Genkius, Kota Pariaman juga sering menjadi tuan rumah pada beberapa event olahraga tingkat nasional. Hal itu disebabkan adanya beberapa pendukung kegiatan yang telah disiapkan dan berstandar nasional.

“Kota Pariaman sering menjadi tuan rumah pada event-event olahraga tingkat nasional. Ini karena Kota Pariaman punya pendukung yang telah berstandar nasional, seperti sirkuit sepatu roda dan Gor Radjo Bujang. Mungkin, dengan hal itulah pemerhati olahraga dan orang-orang yang terlibat langsung pada event olahraga menunjuk Kota Pariaman sebagai tempat dilakasanakan kegiatannya. Ini menjadi prestasi bagi kita di Kota Pariaman,” ungkapnya.

Pemko Pariaman, ucap Genius, juga sangat mendukung diadakan kegiatan ini di Kota Pariaman. Ia juga berharap dengan adanya pelatihan ini, maka para wasit dan juri kodrat mempunyai bekal yang cukup baik pengetahuan maupun wawasan serta menjadi wasit dan juri yang jauh lebih baik dan propesional.

Sementara itu, Ketua Harian Tarung Derajat Kota Pariaman, Syahrizal mengatakan, bahwa pelatihan ini diikuti oleh perwakilan kota/kabupaten se-Sumbar yang berjumlah sebanyak 75 orang.

Tujuannya, kata Syahrizal, untuk memberikan keterampilan dan ilmu dalam memimpin pertandingan kepada calon wasit dan juri.

“Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus untuk memberikan bekal agar calon wasit dan juri dapat memimpin pertandingan dengan baik tingkat daerah maupun nasional. Rencananya, pelatihan kedua kembali akan dilakukan di Kota Pariaman pada Bulan Januari 2022 dengan peserta yang lebih banyak, karena pelatihan ini dilakukan untuk mematangkan para wasit dan juri pada Pomnas 2022 di Sumbar yang ditempatkan di Universitas Negeri Padang (UNP),” ujarnya.

Syahrizal berharap, dengan mendatangkan narasumber yang telah memiliki lisensi tingkat internasional, diyakini akan mampu mencetak wasit dan juri yang memiliki kemampuan di atas rata-rata.

Baca juga: Ini Upaya Disperindagkop dan UKM untuk Tingkatkan Inovasi Produk IKM Makanan di Kota Pariaman

“Prestasi olahraga tidak hanya dilakukan oleh atlet saja, tapi peran wasit, juri dan pelatih juga menentukan berkembangnya prestasi suatu cabang olahraga,” katanya. [adv]

Terpopuler

Add New Playlist