Klaster SMA 1 Sumbar, Telah 61 Siswa Positif Covid-19 Kemungkinan Bakal Bertambah, PBM Tatap Muka Dihentikan

Berita Padang Panjang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Sebanyak 61 pelajar SMA 1 Sumbar dilaporkan positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19).

Padang Panjang, Padangkita.com – Sebanyak 61 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sumatra Barat (Sumbar) positif terinfeksi Covid-19. Untuk mengantisipasi penyebaran kasus, proses pembelajaran tatap muka di sekolah tersebut dihentikan sementara.

“Hingga kemarin, sudah 61 siswa yang positif,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang Ali Tabrani saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Jumat (2/4/2021).

Dia menuturkan puluhan siswa yang positif merupakan siswa di asrama sekolah tersebut. Mereka saat ini diisolasi di asrama itu.

“Kemungkinan, siswa kita yang positif akan bertambah karena ada hasil swab-nya yang belum keluar,” katanya.

Penularan Covid-19 di SMA 1 Sumbar diketahui sepekan yang lalu. Sebelumnya, ada salah seorang siswa yang mengeluhkan mengalami gangguan penciuman.

Setelah dilakukan tes swab, yang bersangkutan pun dinyatakan positif Covid-19. Instansi terkait pun lalu melakukan pelacakan kontak dan tes swab massal kepada siswa lainnya.

Hingga akhirnya ditemukan ada 61 siswa yang positif Covid-19 di sekolah itu.

Ali menerangkan siswa yang hasil swab-nya negatif Covid-19 akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

Selain itu, sekolah itu juga mengganti pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang Nuryanuwar mengungkapkan adanya penularan Covid-19 dari satu orang ke puluhan siswa di asrama SMA 1 Sumbar disebabkan tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Siswa-siswa tersebut tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak dalam berinteraksi antar-sesama.

“Penyebab, tidak disiplin dengan protokol kesehatan,” sampainya saat diwawancarai Sabtu (27/3/2021).

Baca juga: 36 Siswa SMA 1 Sumbar Positif Covid-19, Sekolah Diduga Abai Prokes

Dia menerangkan penyebaran kasus di SMA 1 Sumbar sudah bisa disebut sebagai klaster dengan nama klaster SMA 1 Sumbar. [pkt]


Baca berita Padang Panjang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler