Klaim Keberhasilan dalam Penyelenggaraan Pilgub Sumbar 2020, Bawaslu Payakumbuh: Kita Jadi Contoh di Banyak Tempat

|
Editor: Zulfikar

Berita Payakumbuh hari ini dan berita Sumbar hari ini: Bawaslu Payakumbuh menyebutkan bahwa penyelenggaraan Pilgub Sumbar 2020 di daerah itu berhasil.

Payakumbuh, Padangkita.com – Bawaslu Payakumbuh mengevaluasi proses pengawasan yang dilakukan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumbar 2020. Evaluasi itu digelar pada Selasa (23/2/2021) dengan melibatkan Forkopimda, OPD terkait, perwakilan organisasi masyarakat dan pers.

Ketua Bawaslu Payakumbuh, Muhammad Khadafi mengatakan, Pilgub Sumbar 2020 telah dilalui dengan berbagai dinamika. Bagi Bawaslu, dinamika sebagai pengawas memiliki kesan tersendiri dan menjadi sejarah.

“Keberhasilan kita dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur kali Ini membuktikan apa yang dilakukan di kota Payakumbuh menjadi contoh di banyak tempat. Semangat kita bernegara tidak pernah luntur walaupun dalam kondisi Covid-19 karena menyangkut kepentingan masyarakat,” ujar Khadafi

Dia menyebut, dalam Pilgub Sumbar 2020 di Payakumbuh, tidak ditemukan kendala yang berarti dalam prosesnya. Untuk itu, kata Khadafi, ucapan terima kasih kepada stakeholder yang mensupport dan yang bertugas pada saat itu.

“Bawaslu berkomitmen jika terjadi kesalahan dalam proses pemilu yang diselenggarakan, proses penindakan kita lakukan tanpa memandang status apapun. Hukum penindakan dalam pengawasan pemilu itu adalah wajib. Kita berharap semua proses pemilu dapat kita selenggarakan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz, memuji kinerja KPU dan Bawaslu. Karena sama-sama bisa melaksanakan tugas penyelenggaraan dan pengawasan Pemilu, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19.

Erwin berharap, seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu serentak untuk dapat lebih mematangkan persiapan dalam penyelenggaraan pemilu dimasa yang akan datang.

Baca juga: PKS Mulai Siapkan Pelanjut Kepemimpinan Riza Falepi untuk Pilkada 2022 Payakumbuh

“Kita ucapkan selamat kepada bawaslu yang telah berhasil dalam pelaksanaan pemilu dengan sangat baik,” ujarnya. [pkt]


Baca berita Payakumbuh hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist