Kisah Wagub Sumbar Audy Joinaldy Arungi 400 Mil Samudra Hindia Padang – Mentawai

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Audy Joinaldy sukses menuntaskan ekspedisinya mengarungi Samudra Hindia sejauh kurang lebih 400 mil dengan jetski, Padang-Mentawai.

Targetnya memasang tapal batas di Pulai Beriloga Sabeu, Kabupaten Kepulauan Mentawai tercapai, dan kembali ke Padang pada Selasa siang (22/2/22). Audy pun bersyukur dapat menyelesaikan seluruh rangkaian tujuan perjalanan selama tiga hari dua malam itu.

“Misi utama dapat dilaksanakan dengan baik. Alhamdulillah pemasangan tapal batas Pulau Beriloga Sabeu (sebelumnya bernama Pulau Sandiang), pulau terluar Sumatra Barat berjalan lancar, didampingi juga oleh Bapak Bupati Kepulauan Mentawai,” ungkap Audy di Dermaga Muaro.

Audy mengatakan ekspedisi dengan jetski ke Kepulauan Mentawai cukup ekstrem. Selaian memasang tapal batas, kegiatan ini sekaligus merupakan persiapan pembangunan dermaga untuk menyambut Visit Sumbar 2023, pemetaan bio diversitas koral, serta upacara bendara sebagai simbol pengukuhan kembali nama Pulau Beriloga Sabeu.

Audy menegaskan ekspedisi ini mematahkan paradigma bahwa Mentawai itu jauh. Dengan pesona keindahan wisata pantai dan lautnya, Audy sangat menyayangkan jika wisatawan yang berkunjung ke Sumbar tidak menyempatkan untuk melancong ke Kepulauan Mentawai.

“Mentawai itu deketlah, ga jauh, naik jetski aja kita tembus. Perjalanan juga aman,” kata Wagub Audy meyakinkan.

Event Jetski Internasional Padang-Mentawai

Audy Joinaldy menceritakan, dalam ekspedisi menunggangi jetski dari Padang ke Beriloga Sabeu, Kepulauan Mentawai memang cukup menantang. Meski beberapa diterjang badai, Audy menegaskan perjalanannya relatif aman.

“Perjalanan ke Beriloga Sabeu relatif aman. Memang beberapa kali kami harus menerjang badai yang cukup berat jika ditempuh dengan jetski, yang notabene kendaraan kecil, tapi aman banget. Sangat mungkin untuk dijadikan lokasi eventjetski internasional,” ungkap Wagub Audy.

Menurutnya, yang paling menarik adalah cuaca laut yang kerap berubah saat kembali dari Beriloga Sabeu, menyebabkan cukup seringnya terjadi lompatan dan bumpy ride, sehingga riding terasa lebih menantang.

Audy juga mengungkapkan rencananya untuk mengundang Aero Sutan Aswar dan Aqsa Sutan Aswar, dua atlet jetski nasional, peraih medali emas dan perak pada Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

Aero Sutan Aswar bahkan juga telah meraih juara di kelas ‘Pro Endurance Runabout Open’ dalam kejuaraaan dunia jetski di Arizona, Amerika Serikat pada 2019 lalu.

Baca juga: Demi ‘Explore’ Potensi Wisata, Wagub Audy Joinaldy Seberangi Lautan Padang-Sikakap Pakai Jetski

“Sangat mungkin untuk event internasional, kita sedang rencanakan untuk mengundang Aero dan Aqsa, atlet juara dunia jetski dan keduanya urang awak,” tegasnya. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist