Kisah Pendaki Gunung Talamau yang Upacara Bendera di Tengah Suhu 6 Derajat Celcius

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia di puncak gunung memang sesuatu yang luar biasa. Tidak semua orang mampu, karena butuh perjuangan hingga sampai ke puncak.

Seperti pengalaman Komunitas Lintas Generasi yang mendaki Gunung Talamau di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) untuk upacara bendera pada 17 Agustus 2020. Mereka harus menempuh perjalanan pendakian selama dua hari untuk sampai ke puncak gunung.

“Kami berangkat tanggal 14 Agustus dan sampai kembali di perkampungan tanggal 19 Agustus,” kata Eky Mardiono Komunitas Lintas Generasi kepada Padangkita.com, Jumat (21/8/2020).

Dia mendaki Gunung Talamau yang menjadi gunung tertinggi di Sumatra Barat (Sumbar) itu bersama 16 orang rekannya. Selain jalur pendakian yang berat, mereka juga melawan derasnya hujan dan kabut.

“Namun, kita tetap dengan penuh semangat kebersamaan, kekompakan, pengorbanan dan rasa cinta tanah air melakukan kegiatan pendakian Gunung Talamau untuk Pengibaran Bendera Merah Putih memperingati HUT ke-75 RI,” ujar Eky.

Baca juga: Ratusan Pendaki Rayakan HUT RI di Puncak Gunung Talamau Pasaman Barat

Di puncak, dia dan rekan-rekannya mendirikan tenda untuk beristirahat. Namun, perjuangan belum selesai. Di puncak Talamau hujan juga turun deras, dengan suhu yang dingin.

“Di atas (puncak gunung) cuacanya dalam keadaan hujan disertai badai. Suhunya mencapai 6 derajat celcius,” kenang Eky.

Sesampai di puncak Gunung Talamau, tim Komunitas Lintas Generasi ini juga memasang plang merek Talago Sangka Bulan dengan konsep gonjong dan membersihkan sampah yang berserakan.

“Puncaknya, kita melaksanakan upacara bendera 17 Agustus dan memperingati Detik-detik Proklamasi itu walaupun secara sederhana,” kenang Eky.

Dia berpesan dan mengajak generasi muda untuk terus berkarya dan berbuat yang positif dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia ini.

“Dulu para pahlawan angkat senjata demi kemerdekaan bangsa. Sekarang mari kita isi kemerdekaan ini dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk orang lain dan bangsa ini,” ajak Eky. [rom/pkt]


Baca berita Pasaman Barat terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist