Kisah Anak Dieng, Berambut Gimbal dan Titisan Nyi Roro Kidul

Penulis: SON

Padangkita.com – Sebuah kepercayaan di masyarakat Dieng, jika anak dengan rambut gimbal merupakan titisan dari Nyi Roro Kidul.

Anak dengan rambut gimbal merupakan seorang anak terpilih. Biasanya ini terjadi ketika anak yang “terpilih” menjadi sakit dan demam tinggi.

Baca Juga

Namun ia sembuh bersamaan dengan tumbuhnya rambut gimbal.

Baru-baru ini seorang TikTokers menceritakan pengalamannya bertemu dengan anak gimbal saat liburan ke Dieng.

“Aku nemu anak gimbal, warga Dieng percaya anak perempuan yang berambut gimbal itu adalah titisan dari Nyi Roro Kidul atau penguasa Laut Selatan” kata perempuan dengan akun TikTok Jessica Putri itu.

Diceritakan oleh Jessica, rambut gimbal si anak itu tumbuh saat ia umur 1,5 tahun.

“Katanya sebelum tumbuh rambut gimbal itu dia tu sempat panas, demam tinggi, dan kejang-kejang,” ucapnya.

Rambut gimbal tersebut boleh dipotong jika sang anak meminta. Dalam proses pemotongan rambut anak-anak gimbal biasanya meminta suatu permintaan.

“Rambut gimbal ini boleh dipotong kalau anaknya sendri yang minta potong plus biasanya anaknya itu meminta plus biasanya minta suatu permintaan. Ada yang minta uang, makanan, bahkan ada yang minta kepala hewan,” ungkap kreator.

Sementara itu, sepanjang hidupnya sang anak tersebut tidak pernah disisir, namun ia selalu keramas setiap hari. Saat keramas rambut mereka hanya dikeringkan dengan handuk.

“Tetap begitu rambutnya, kan nggak boleh disisir sama gunting, jadi nggak boleh sisir kalau keramas hanya dihandukin saja,” kata ibu dari anak tersebut.

“Nggak bole pegang sisir dan gunting, nanti sakit dan demam lagi,” katanya.

Terpopuler