Khawatir Diretas, Diskominfo Padang Perketat Pengawasan Web dan Aplikasi Milik Pemko

Penulis: Zulfikar Efendi

Padang, Padangkita.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang Padang perketat pengawasan web dan aplikasi milik Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Hal itu dilakukan karena takut atau khawatir diretas oleh oknum yang tak bertanggungjawab.

Bahkan, untuk memperkuat keamanan web dan aplikasi tersebut, Diskominfo Kota Padang langsung datang ke Pekanbaru untuk menjalin sinergisitas dengan diskomifo di daerah itu.

Kabid IKP Diskominfo Kota Padang, Rina Endarhati mengatakan, masalah keamanan web dan aplikasi pemerintah, memang sudah menjadi perhatian nasional, karena teknologi canggih tersebut tidak serta-merta aman dari berbagai gangguan.

Apalagi, kata Rina, data data yang ada di web dan aplikasi tersebut termasuk rahasia negara dan tidak bisa begitu saja diambil secara bebas.

“Karena itu Diskominfo Kota Padang selalu menjalin kerjasama dan berkoordinasi dengan lembaga siber dan persandian negara. Sehingga, upaya peretasan oleh pihak yang tak bertanggung jawab bisa diantisipasi sejak dini,” ujar dikutip dari rilis Diskominfo Padang, Sabtu (30/10/2021).

Menurut Rina, Diskominfo Kota Padamg saat ini memang memiliki berbagai keterbatasan. Tapi, hal itu akan segera dilengkapi.

“Kita mulai tahun depan secara bertahap, memang peralatan yang dibutuhkan malah. Tapi, mau tak mau memang harus dilengkapi,” ungkapnya.

Rina juga mengimbau, agar masyarakat berpikir objektif dan jangan sampai melanggar hukum, seperti meretas web milik pemerintah.

“Karena ini (peretasan) sanksinya cukup berat,” tegasnya.

Baca juga: Tukang Palak di Pantai Padang Diringkus Polisi, Ini Kata Plt Kadis Pariwista Kota Padang

Dalam pertemuan tersebut, Diskominfo Kota Padang dan Pekanbaru juga menyepakati untuk saling isi berbagai kekurangan, termasuk pembuatan produk hukum terkait peretasan tersebut. [*/zfk]

Terpopuler

Add New Playlist