Ketua Dewan Hakim MTQ Nasional di Sumbar Meninggal Dunia Saat Pimpin Rapat di Masjid Al-Hakim

Padang, Pandangkita.com – Seorang dewan hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 dilaporkan meninggal dunia di Masjid Al-Hakim di Jalan Samudera, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Minggu (15/11/2020) pagi.

Diketahui, dewan hakim tersebut bernama Rizali M Noor, 70 tahun. Dia merupakan ketua dewan hakim tilawah anak-anak dan remaja MTQN ke-28.

Baca Juga

Dikonfirmasi Pandangkita.com, Wakil Koordinator Panitia Penyelenggara MTQ Nasional ke-28, Damri Tanjung mengatakan, Rizali meninggal pada pagi hari, sekira pukul 09.30 WIB di Masjid Al-Hakim, Padang. Masjid Al-Hakim adalah salah satu tempat penyelenggaraan MTQN.

“Iya benar, salah seorang ketua dewan hakim di lokasi Masjid Al-Hakim meninggal tadi pagi. Beliau meninggal saat memimpin rapat,” ujar Damri kepada Pandangkita.com melalui sambungan telepon, Minggu (15/11/2020).

Damri menyebutkan, Rizali sempat pingsan saat memimpin rapat bersama dengan dewan hakim lainnya dan panitera. Rizali juga sempat dilarikan ke rumah sakit BMC, Padang. Namun nyawanya tak tertolong.

“Saat pingsan kita bawa ke posko, setelah itu kita bawa ke rumah sakit BMC. Kata dokter yang memeriksa di BMC, beliau tidak ada lagi (meninggal dunia). Diperkirakan sudah meninggal di tempat,” terang Damri.

Soal penyebab kematian Rizali, Damri belum bisa menjelaskan lebih lanjut. Menurut dia, saat ini masih dalam penanganan medis oleh dokter di rumah sakit BMC.

Damri menegaskan, sebelum dinyatakan meninggal dunia, Rizali masih terlihat sehat dan beraktivitas seperti biasa dalam pelaksanaan MTQN ke-28.

“Beliau sehat, beraktivitas dan masih canda gurau dengan kita,” ucap Damri.

Terkait penyelenggaraan jenazah Rizali, lanjut Damri, panitia tengah menunggu hasil swab yang tangah diperiksa oleh Laboratorium Unand. Ia memperkirakan hasil swab akan keluar beberapa jam setelah diperiksa.

Jika hasil swabnya dinyatakan positif, maka penyelenggaraannya akan dilakukan dengan protokol kesehatan. Sebaliknya, jika dinyatakan negatif, maka akan dikembalikan ke pihak keluarga.

“Saat ini jenazah beliau masih di BMC, belum ada kesepakatan untuk prosesinya karena kita masih menunggu hasil swab. Mungkin satu jam lagi akan keluar,” kata Damri.

Dia menambahkan, Rizali M Noor adalah ketua dewan hakim tilawah anak-anak dan remaja yang berasal dari Sulawesi Utara. Rizali sudah lama berkecimpung di MTQN.

Baca Juga: Demi Ikut MTQ Nasional, Seorang Peserta Utusan Kaltara Rela Naik Sepeda Motor dari Sulteng ke Padang

Pada MTQN ke-28 ini, Rizali dipercaya sebagai ketua dewan hakim tilawah anak-anak dan remaja di Masjid Al-Hakim, Padang.

“Kita sangat berduka cita dengan kepulangan beliau. Semoga beliau diterima disisi-Nya, husnulkhatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” tutup Damri. [pkt]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler