Kesehatan hingga Kesuburan Wanita Bisa Dilihat dari 10 Tanda Ini

Penulis: Sonia

Padangkita.com – Setiap orang selalu memastikan kebugaran tubuhnya. Bahkan untuk memastikan kesehatan dan kebugaran orang melakukan cek kesehatan secara rutin.

Cek kesehatan dilakukan secara berkala, mulai dari per bulan, per 6 bulan, hingga setahun sekali.

Meski begitu, sebenarnya ada beberapa tanda umum yang bisa menjadi petunjuk sehat tidaknya tubuh kita. Tubuh yang sehat tercermin pada tanda-tanda yang ditunjukkan tubuh.

Baca juga: Bahan-Bahan Alami untuk Mengatasi Kebotakan

Pada perempuan dewasa, setidaknya 10 tanda ini dimiliki oleh mereka yang tubuhnya sehat.

Siklus haid teratur

Siklus haid yang teratur (dengan interval 27-35 hari) merupakan tanda organ reproduksi yang sehat. Ini menunjukkan ovulasi yang normal dan keseimbangan hormonal dari otak ke ovarium.

Baca juga: Berikut Perbedaan Bernapas Lewat Hidung dan Mulut, Keduanya Berdampak Pada Kesehatan Loh

Perempuan yang tidak sehat karena mereka kegemukan atau terlalu kurus cenderung mengalami menstruasi tidak teratur.

Nyeri haid tidak berlebihan

Haid memang kondisi yang tidak menyenangkan, tetapi seharusnya tidak menyakitkan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nyeri haid yang berat bisa menandakan ada endometriosis dan seharusnya jangan diabaikan.

Tidak berjerawat

Jerawat pada orang dewasa menandakan gangguan hormonal. Biasanya timbul karena adanya sindrom polisistik ovarium (PCOS) yang juga ditandai dengan haid tidak teratur, banyak rambut di wajah, dan susah hamil.

Rambut tebal dan kuku kuat

Rambut yang tebal dan kuat, serta kuku yang cepat tumbuh dan tidak gampang patah juga merupakan tanda kesehatan yang baik.

Baca juga: Kenali Tanda Kematian, Penciuman yang Buruk Bisa Jadi Patokannya

Sebaliknya, rambut yang tipis, kuku rapuh merupakan tanda kekurangan nutrisi seperti zat besi, vitamin D, dan nutrisi penting lainnya.

Berenergi

Bila kita bangun pagi dengan perasaan segar dan siap menghadapi hari, berarti kita memiliki energi yang cukup. Kebanyakan orang yang sedang sakit atau kekurangan vitamin akan merasa lelah, kurang berenergi, dan mengantuk.

Terpopuler

Add New Playlist