Kesadaran Masyarakat Tanah Datar untuk Divaksin Meningkat

Penulis: Agg
|
Editor: Zulfikar

Batusangkar, Padangkita.com – Kesadaran masyarakat Tanah Datar untuk divaksin terus meningkat. Bahkan, stok vaksin di daerah itu juga beberapa kali sempat kosong.

“Realisasi vaksin di Tanah Datar hingga saat ini sudah mencapai 11,42 persen. Sejak sebulan terakhir, partisipasi masyarakat sangat tinggi,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tanah Datar, Roza Mardiah, Selasa (27/7/2021).

Meningkatnya partisipasi masyarakat itu disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya sebut Roza, karena upaya sosialisasi dan instruksi dari pemerintah pusat hingga kabupaten yang gencar menyerukan upaya vaksinasi.

“Sejak Juni hingga saat ini animo masyarakat sendiri mulai meningkat. Bahkan, sudah dua hari ini kita juga kekosongan stok vaksin. Untuk memenuhi kebutuhan stok, kita juga terus berkoordinasi dengan pihak dari provinsi,” ungkap Roza.

Seiring dengan gencarnya upaya tracking yang dilakukan, perkembangan kasus positif juga meningkat di Tanah Datar. “Angka kematian pasien Covid-19 juga meningkat. Kasus terakhir ada tiga kasus kematian pada Senin (26/7) dan Selasa (27/7) pagi di beberapa nagari,” jelasnya.

Peningkatan kasus positif Covid-19 juga disebabkan masih banyaknya masyarakat yang terlalu menyepelekan protokol kesehatan. Kelengahan masyarakat tersebut memicu perkembangan kasus akhir-akhir ini di Tanah Datar.

“Ada juga kasus dari setelah perjalanan, namun setelah sampai di kampung justru terpapar. Kita terus lakukan tracking, semakin banyak tracking semakin banyak ditemukan kasus, akan semakin baik karena bisa diberikan penanganan. Justru, yang tidak terdeteksi dan keengganan melakukan swab yang sulit,” paparnya.

Roza juga mengimbau agar masyarakat agar tidak enggan, apalagi takut untuk melakukan swab. Jika ada kasus positif di sekitar kediaman dan pernah melakukan kontak.

“Kita mengimbau agara masyarakat tidak perlu takut untuk di swab, melakukan vaksin, dan segala imbauan pemerintah untuk kebaikan bersama,” imbau Roza.

Sementara itu, Satgas Covid-19 Tanah Datar melaporkan sebanyak 70 kasus positif Covid-19 ditemukan pada Selasa (27/7/2021)dan sebanyak 126 pasien positif sembuh.

Hingga saat ini, kasus positif Covid-19 di Tanah Datar telah mencapai 3.407 kasus, 2.649 di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Baca juga: Positif Covid-19 Tanah Datar Tambah 11 Kasus, 5 Diantaranya Tenaga Kesehatan

Lalu, sebanyak 97 orang dirawat di berbagai rumah sakit di Sumbar, 557 orang menjalani isolasi mandiri dan 106 pasien positif Covid-19 di Tanah Datar meninggal dunia. [zfk]

Terpopuler

Add New Playlist