Berita

Keren, Pemko Padang dan Unand Sepakat Bangun “Halal Zone”

×

Keren, Pemko Padang dan Unand Sepakat Bangun “Halal Zone”

Sebarkan artikel ini

Padang, Padangkita.comPemerintah Kota (Pemko) Padang dan Universitas Andalas (Unand) sepakat untuk membangun “Halal Zone” di area kampus Unand.

Kesepakatan ini dicapai dalam rapat pembahasan yang berlangsung di lounge Balaikota Padang, Aie Pacah, Senin (4/12/2023).

Rapat pembahasan ini dihadiri Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Didi Aryadi, Kepala Dinas Perdagangan Syahendri Barkah, serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Fauzan Ibnovi.

Turut serta dalam pertemuan ini perwakilan dari Dinas Pariwisata Kota Padang, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Dinas Kesehatan, Bagian Perekonomian dan SDA serta Camat Pauh.

Sementara rombongan dari Universitas Andalas dipimpin langsung oleh Direktur Usaha dan Pengembangan Bisnis Unand, Andani Eka Putra, yang juga Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Unand.

Dalam rapat tersebut, Ekos Albar menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap rencana pembangunan “Halal Zone” di area kampus Unand.

Ia mengatakan, Pemko Padang siap membantu upaya ini, salah satunya dengan penerbitan Nomor Izin Berusaha (NIB) bagi UMKM di sekitaran Unand dengan konsep halal dan aman.

“Kesempatan untuk melaksanakan program ini tidak datang dua kali. Disaat ada peluang harus kita ambil dan laksanakan, walaupun pelaksanaan akan dilakukan pada tahun 2024. Kita berharap program yang dibiayai oleh BI ini dapat dilaksanakan tiap tahun di Kota Padang,” kata Ekos Albar.

Sementara itu, Dr. Andani Eka Putra mengatakan, “Halal Zone” di sekitaran Unand atau “Unand Halal Center” bertujuan untuk memberikan jaminan produk makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh warga dan mahasiswa agar terjamin kehalalannya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengakomodir proses menghalalkan produk UMKM disekitaran area Unand.

“Unand Halal Center” ini juga merupakan salah satu unit usaha dengan fungsi sosial dan ekonomi, yang bertujuan untuk meningkatkan kesempatan atau afirmasi beasiswa bagi mahasiswa yang kesulitan ekonomi.

Dalam pertemuan tersebut, juga dihasilkan kesepakatan antara kedua belah pihak, terkait pelaksanaan pilot project untuk pendampingan 5 usaha mikro di Kota Padang, yang sedang dalam proses sertifikasi halalnya melalui LP3H yang dimiliki oleh Unand.

Selain itu juga dibahas peran rumah potong hewan dan rumah potong unggas dalam menghasilkan bahan baku yang masuk dalam kategori halal.

Serta rencana untuk melakukan upaya sertifikasi halal air Perumda Air Minum Kota Padang, serta optimalisasi penerapan zona halal di sekitar Pantai Padang terutama kawasan pujasera.

Baca Juga: Masjid Raya Sumbar Ditetapkan Jadi Pilot Project Kawasan Halal Lifestyle di Indonesia

“Kita menyambut baik rencana Halal Zone Unand yang pembiayaannya didukung oleh Bank Indonesia, PT Semen Padang dan juga BSI ini. Insya Allah kita Pemko Padang akan memberikan dukungan yang dibutuhkan. Semoga upaya kita ini berjalan dengan lancar, untuk kebaikan warga kota Padang,” tutup Ekos Albar. [*/hdp]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News